PMI Anggarkan Rp19 M untuk Tangani Gempa Pijay

Pemandangan dari atas saat sejumlah eskavator dikerahkan untuk mengangkat puing-puing di Pasar Meureudu, Pidie Jaya, Aceh yang runtuh akibat gempa, Kamis (8/12). Dikabarkan korban meninggal sudah mencapai 102 orang. Foto: Liputan6.com

Banda Aceh - Palang Merah Indonesia (PMI) mengalokasi anggaran sebesar Rp19 miliar untuk menangani pasca gempa 7 Desember 2016 lalu.  Penggunaan anggaran itu untuk tahap tanggap darurat dan masa pemulihan.

Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana  PMI Aceh, Teuku Ardiansyah mengatakan, setelah masa tanggap darurat berakhir pada 20 Desember 2016 dari sejak terjadinya gempa 6,5 Skala Richter (SR) itu, PMI kemudian melanjutkan tahap pemulihan.

“Tahap kedua yang PMI lakukan itu masa pemulihan, yaitu selama enam bulan kedepan,” kata Ardiansyah di Warung Kopi Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan, di Banda Aceh, Rabu (11/01).

Pihaknya juga sudah melakukan tujuh kegiatan utama selama masa tanggap darurat, yakni penilaian cepat, dukung evakuasi korban, pelayanan kesehatan dan ambulan, dukungan psikososial, dukungan penampungan darurat, distribusi relief dan dukungan air bersih.

“Dalam respon tanggap darurat ini, PMI Aceh bersama seluruh pelaku kebencanaan dilingkup PMI, telah memobilisasi sumber dayanya secara terpadu,” ujarnya.

PMI juga sudah menurunkan 172 relawan, 26 tenaga medis, 18 relawan psikososial, dua unit kenderaan operasional, 11 unit ambulan, dua unit truk barang, 13 unit truk tanki air. Sehingga anggaran yang sudah dikeluarkan selama tanggap darurat Rp853,4 juta lebih dari total Rp19 miliar yang dialokasikan.

Anggaran tersebut bersumber dari Federasi Palang Merah Internasional dan DFAT, yang kemudian dimobilisasikan oleh PMI pusat.

Adapun untuk masa pemulihan yang akan berlangsung selama enam bulan (21 Desember 2016-31 Juni 2017), para relawan PMI akan turun ke-62 gampong (desa) yang tersebar di tiga Kabupaten, meliputi  55 desa di delapan Kecamatan di Pidie, empat desa di satu Kecamatan di Pidie dan tiga desa Kecamatan di Bireuen. (adi)

Rubrik:News