Diterjang Banjir Bandang, Jalan Menuju Pelabuhan Malahayati Terancam Putus Total

banjir bandang Foto:ist

banjir bandang Foto:ist

Aceh Besar - Banjir bandang menerjang Desa Ujung Batee dan Desa Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (7/1) mengakibatkan jalan Nasional Banda Aceh-Krueng Raya setengah jalan amblas.

Pantauan wartawan dilokasi, badan jalan tepatnya dikawasan Desa Ujung Batee dan Desa Neuheun amblas di salah satu sisinya karena derasnya air bah yang melewati gorong-gorong di bawah badan jalan tersebut. Sehingga kendaraan roda empat, seperti truk tidak berani melintas di jalan tersebut karena takut longsor.

Hingga saat ini alat berat tersebut sedang bekerja membongkar jalan yang longsor tersebut. Kemudian, pada malam ini jalan tersebut dijadwalkan akan ditimbun kembali sehingga dapat kembali dilalui kendaraan.

“Sepeda motor yang bisa melewati jalan tersebut, hanya kendaraan roda empat dan enam seperti truk yang tidak berani melewati jalan yang longsor tersebut,”ujar Deni, seorang warga yang melintasi jalan tersebut.

Ia menyatakan, di lokasi longsor itu memerlukan tambahan bantuan alat berat untuk perbaikan gorong-gorong, karena baru ada 1 unit alat berat.

“Jalan itu harus segera diperbaiki karena untuk kendaraan roda empat tidak bisa lewat, hanya kendaraan roda dua saja yang bisa melewatinya,”jelasnya.

banjir bandang Foto:Int

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin, melalui Kapolsek Mesjid Raya, AKP Agus Salim mengatakan, ‎jalan menuju pelabuhan internasional ini terpaksa ditutup untuk kendaraan roda empat, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jalannya amblas karena diterjang banjir, jadi untuk sementara ditutup. Tidak ada jaminan untuk dapat dilalui kendaraan roda empat yang bisa berakibat fatal nantinya,”ujar Kapolsek.

Selain itu, banjir bandang yang menerjang Desa Ujung Batee dan Desa Neuheun itu mengakibatkan puluhan rumah dikawasan itu terendam banjir.

Jumlah penduduk yang terkena banjir ini belum diketahui secara pasti. Karena, petugas dari BPBD Aceh Besar bersama tokoh masyarakat saat ini masih mendata jumlah rumah yang terkena dampak banjir.(adi)

Komentar

Loading...