Pertama Kali, Pangdam IM Uji Coba Terapi Paraffin

Pangdam IM Uji Coba Terapi Paraffin

Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM)  Mayjen TNI Tatang Sulaiman  melakukan kunjungan ke Kesehatan Daerah Militer Iskandar Muda (Kesdam IM), dalam rangka menguji coba secara langsung terapi paraffin, Jumat (6/01/17) pagi.

Terapi Paraffin (Parafin Bath) merupakan salah satu modalitas terapi yang menggunakan metode panas dan lembab, yang bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan, merelaksasikan jaringan lunak tubuh dan mengurangi nyeri pada otot.

Terapi yang menggunakan lilin parafin ini telah dikenal, dan dimanfaatkan selama berabad-abad dimulai sejak Kekaisaran Romawi. Komponen alami lilin parafin berasal dari minyak mineral mentah yang dihasilkan melalui proses penyulingan atau pemisahan lilin dari minyak mineral mentah tersebut.

Proses pemurniannya melalui proses perebusan, pendinginan dan penyaringan menjadi zat lilin minyak berat dan finishing sebagai lilin parafin. Lilin tersebut tidak berwarna, tidak berasa dan kadang diberi wewangian aroma terapi. tergantung dari tujuan terapi yang hendak diharapkan. Hasil uji laboratorium, lilin parafin ini cukup aman untuk penggunaan eksternal dan higienis.

Pada bagian-bagian tubuh yang nyeri atau cedera, akan disiram atau dicelupkan pada suatu wadah yang berisi lilin parafin yang dilelehkan menggunakan suhu tertentu. Efek panas yang diperoleh dari lilin yang mencair akan menenangkan (merelaksasikan) jaringan lunak yang diterapi,. Hal ini baik untuk mengurangi rasa sakit/nyeri,. Selain itu, sifat lilin mampu melembabkan kulit/tubuh sehingga memberikan efek peremajaan kulit dan kulit nampak halus dan lembut.

Saat ini penggunaan parafin bath sebagai modalitas terapi sudah sangat umum dan banyak digunakan di pusat-pusat rehabilitasi medik maupun  fisioterapi,  disamping itu terapi lilin parafin juga dapat digunakan sebagai pengobatan pada cedera olahraga. (**)

Komentar

Loading...