Sebagian Wilayah Barat Selatan Dilanda Banjir

IMG_1059

Banda Aceh - Hujan yang mengguyur wilayah Provinsi Aceh sejak beberapa hari terakhir ini, mengakibat sebagian wilayah di Provinsi Aceh dilanda banjir. Banjir yang parah terjadi di tiga wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela) yakni Aceh Barat, Aceh Jaya dan Nagan Raya.

Banjir yang terjadi di tiga daerah tersebut akibat luapan air sungai di daerah masing-masing dengan ketinggian mencapai 20-100 cm. Dalam musibah tersebut tidak memakan korban jiwa dan kerugian ditaksirkan ratusan juta rupiah. Namun diperkirakan ratusan warga mulai mengungsi ke lokasi aman.

Di Kabupaten Aceh Barat terdapat tujuh Kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Sungai Mas, Woyla, Woyla  Timur, Woyla Barat, dan Arongan Lambalek.

Sementara di Kabupaten Aceh Jaya ada tiga Kecamatan yang terendam banjir diantaranya Kecamatan Pasie Raya, Teunom, dan Krueng Sabee, dan di Kabupaten Nagan Raya Cuma satu Kecamatan yakni Kecamatan Tripa Makmur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Syahluna Polem menyebutkan, banjir yang paling parah terjadi di Kecamatan Woyla Timur, dan Woyla Barat. Karena di Woyla Timur ada sebanyak 25 Desa terendam dan Woyla Barat ada 14 Desa terendam.

“Kedua wilayah tersebut merupakan daerah aliran sungai (DAS) Krueng Woyla, sehingga banyak desa yang terendam,”ungkap Syahluna.

Hingga saat ini, katanya, belum ada korban jiwa dalam musibah banjir itu, namun satu unit rumah warga di Desa Lancong Kecamatan Sungai Mas mengalami kerusakan akibat diterjang banjir.

Ia juga menjelaskan, bahwa titik pengungsian baru berada di tiga Desa Alue Meuganda, Blang Luah, Gunong Manyang dalam Kecamatan Woyla Timur.

Selain itu, BPBD juga berupaya melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir. Sedangkan kerusakan dampak dari dari banjir masih dalam pendataan.(ady)

Komentar

Loading...