Pengurus LPJK Aceh Dikukuhkan

Ist.

Ist.

Banda Aceh – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Soedarmo mengukuhkan Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Aceh periode 2016-2020, di Aula Serbaguna Setda Aceh, Rabu (04/01).

Mereka yang dilantik adalah Tripoli sebagai ketua, dan Yan Irawansyah, Sofyan M Saleh serta Bakauddin sebagai wakil ketua. Sementara Suwarli, Fatimah Azzahra, Effendi Nurzal dan Abdul Haris sebagai anggota.

Soedarmo menyebutkan, salah satu tujuan pembangunan ekonomi nasional adalah mewujudkan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan infrastruktur yang didalamnya terkait  dengan konstruksi.

Jasa konstruksi, sebut Soedarmo, akan berkembang ketika pemerintah dan penyedia jasa saling  mendukung pembangunan pada semua program yang telah dirumuskan sehingga upaya membangun sarana dan prasarana terlaksana dengan baik.

“Keberadaan LPJK (Aceh) sangat krusial mengingat sektor infrastruktur merupakan salah satu program prioritas pembangunan di daerah  ini,” ujar Soedarmo.

Kepada LPJK Aceh, Soedarmo meminta, untuk melakukan perkuatan pelaksanaan tugas penelitian pengembangan jasa konstruksi dan terus mendidik dan memberi pelatihan pada pekerja bidang konstruksi.

“LPJK  juga harus bisa memastikan penyelenggaraan tertib usaha jasa konstruksi yang adil, sehat dan terbuka melalui pola persaingan yang sehat,” kata Soedarmo.

Selain itu, ia meminta LPJK juga bisa memberikan perlindungan hukum bagi pengguna dan penyedia jasa konstruksi.

Sementara itu, Ketua LPJK Aceh Tripoli menyebutkan, dalam periode kepemimpinannya, ia akan memperkuat empat hal untuk menunjang pembangunan dibidang konstruksi yang lebih baik di Aceh.

Keempat hal itu, diantaranya penguatan bidang penelitian dan pengembangan jasa konstruksi, penguatan pelaksanaan tugas pendidikan dan pelatihan, penguatan tugas sertifikasi dan registrasi usaha jasa konstruksi dan penguatan pelaksanaan tugas meningkatkan peran arbitrase, mediasi dan penilai ahli dibidang jasa konstruksi.

“Selama ini, empat hal itu sudah kita lakukan, dan kita akan memperkuatnya lagi,” ujar Tripoli.

Dalam pelantikan tersebut, Soedarmo ikut menyerahkan hadiah pembinaan kepada tiga pekerja Aceh yang berhasil meraih juara dalam lomba pekerja kontruksi tingkat nasional tahun 2016 lalu.

Mereka  yang  mendapatkan hadiah, yakni Ivan Furqan Efendi sebagai juara II PL Pekerjaan Gedung. Ia mendapatkan uang pembinaan Rp6 juta  dari  Soedarmo. Sementara Safrizal sebagai juara III Pekerjaan Elektrikal mendapatkan uang pembinaan Rp4,5 juta, dan Irwan yang  juga meraih juara III Pekerjaan Plumping mendapatkan uang pembinaan Rp4,5 juta. (adi)