Dit Pol Air Polda Aceh Tangkap Kapal Asing Curi Ikan di Perairan Indonesia

dok. Polda Aceh
dok. Polda Aceh

Langsa (Acehportal)- Satuan Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Aceh kembali menangkap kapal asing berbendera Malaysia. Kapal dengan nomor lambung KP. Perkakak 3017 ini melakukan pencurian ikan atau illegal fishing di perairan selat Malaka, empat mil masuk wilayah Indonesia, Minggu (4/9) sekira pukul 02.00 WIB.

Kapal dan Nakhoda kapal berinisial SR (Thailand) dan empat orang anak buah kapal (ABK) juga berasal dari Thailand, serta Ikan campur tangkapan sebanyak 1,5 Ton diamankan petugas.

Menurut Direktur Ditpolair Polda Aceh Kombes Pol Kasmolan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata kapal-kapal ini tidak dilengkapi dokumen resmi, di antaranya, tidak memiliki SIPI untuk melakukan penangkapan ikan di wil perairan ZEEI sehingga patut diduga melanggar pasal 93 ayat(2) UU RI No.45 th 2009 tentang perubahan atas UU RI No.31 Th. 2004 ttg Perikanan.

dok. humas polda Aceh
dok. humas polda Aceh

“Karena melakukan illegal fishing di perairan Indonesia dan tidak dilengkapi dokumen resmi akhirnya kita tangkap kapal asing ini. Dan Selanjutkan akan diadakan penyidikan dan di proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”ujar Kasmolan.
Sumber|Humas Polda Aceh

Komentar

Loading...