Puluhan Siswa Ikuti Simulasi Bencana di Gedung Penyelamatan Bantuan Jepang

Belajar kebencanaan Foto:Acehportal.com

Belajar kebencanaan Foto:Acehportal.com
Belajar kebencanaan Foto:Acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Puluhan siswa-siswa dari tiga sekolah mengikuti simulasi bencana yang digelar Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Kamis (28/07) di Gedung penyelamatan bantuan Jepang di Kantor BPBD setempat.

Selain simulasi, juga dilakukan uji coba gedung penyelamatan yang dibangun dengan kontruksi baja bantuan Jepang melalui Perusahaan Nippon Steel & Sukimin Metal Products Co.,Ltd (NSPM).

Simulasi bencana yang digelar dimulai dari masing-masing sekolah para siswa, yakni MAN 2, MIN Teladan dan SD Bayangkhari. Para siswa ini berlari dari sekolahnya dan menyelamatkan diri di atas Gedung milik BPBD tersebut.

Kepala BPBD Kota Banda Aceh, Ridwan mengatakan, simulasi dilakukan agar para siswa mendapatkan pengetahuan bagaimana upaya untuk menyelamatkan diri saat musibah terjadi, seperti musibah tsunami.

“Simulasi ini digelar supaya para siswa tidak panic saat menghadapi bencana,”ujar Ridwan yang ikut didampingi Genenal Manager NSMP, Hirotaka Futamura.

Pantauan dilapangan, tiba di atas gedung, para siswa yang didampingi para guru diberi pengetahuan terkait bagaimana cara-cara menyelamatkan. Selain itu, para siswa juga diberi kesempatan bertanya langsung kepada Hirotaka Futamura terkait manfaat dari gedung penyelamatan yang dibangun berdekatan dengan Kantor BPBD Kota Banda Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Hirotaka mengatakan pada saat tsunami di Jepang dia banyak kehilangan orang-orang dekat yang menjadi korban.  Secara keseluruhan, musibah tsunami di Jepang pada tahun 2011 menewaskan sedikitnya 20 ribu orang.

“Dengan mengikuti simulasi, adik-adik akan memiliki pengetahuan untuk kemudian disampaikan kepada orang tua, teman dan saudara. Artinya, selain berguna untuk menyelamatkan diri sendiri, juga bisa menyelamatkan orang lain,” ungkap Hirotaka.(raja)

Komentar

Loading...