Lagi, Turki Perintahkan Penangkapan 47 Jurnalis Usai Upaya Kudeta

Militer Turki gagal lancarkan kudeta. (REUTERS)

Militer Turki gagal lancarkan kudeta. (REUTERS)
Militer Turki gagal lancarkan kudeta. (REUTERS)

Ankara, (Acehportal) - Otoritas Turki kembali mengeluarkan perintah penangkapan bagi para jurnalis. Kali ini, dalam operasi pembersihan menyusul upaya kudeta, 47 jurnalis diperintahkan ditangkap.

Menurut media CNN Turki seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (27/7/2016), kepolisian akan menahan 47 jurnalis tersebut sebagai bagian dari penyelidikan terhadap ulama ternama Fethullah Gulen yang bermukim di Amerika Serikat. Gulen dituduh pemerintah Turki sebagai dalang upaya kudeta pada 15 Juli lalu, yang menewaskan setidaknya 246 orang.

Para wartawan yang diperintahkan ditangkap itu dilaporkan bekerja untuk surat kabar Zaman yang terkait Gulen. Media tersebut telah ditutup oleh otoritas Turki pada Maret lalu sebagai bagian dari operasi terhadap para pendukung Gulen.

Menurut kantor berita Dogan, aparat polisi menggerebek rumah salah seorang jurnalis, Sahin Alpay pada Rabu (27/2) sekitar pukul 06.00 waktu setempat dan menahannya setelah penggeledahan yang berlangsung 2,5 jam di rumahnya.

Sejak percobaan kudeta, otoritas Turki telah menangkap, memecat atau menskors lebih dari 60 ribu tentara, polisi, hakim, guru, pegawai negeri dan yang lainnya.

Sebelumnya pada Senin, 25 Juli lalu, otoritas Turki juga mengeluarkan perintah penangkapan 42 jurnalis, termasuk mantan anggota parlemen dan komentator terkenal, Nazli Ilicak. (detik)

Komentar

Loading...