Dubes Rusia bantah dua warganya jadi gelandangan di Jakarta

ua mahasiswa Rusia disebut menggelandang di Jakarta. ©2016 bombom hafikar/facebook

ua mahasiswa Rusia disebut menggelandang di Jakarta. ©2016 bombom hafikar/facebook
ua mahasiswa Rusia disebut menggelandang di Jakarta. ©2016 bombom hafikar/facebook

Jakarta, (Acehportal) - Sepasang mahasiswa Rusia, Dimitrii Abdugafarov dan Aleksandra Kolesnikova diberitakan terlunta-lunta di Jakarta karena kehilangan dokumen penting seperti paspor dan uang tunai saat menjalani penelitian di Papua. Muncul selentingan pihak kedutaan Rusia cuek dan tidak mengindahkan permintaan mereka.

Duta Besar Rusia Mikhael Galuzin membantah pemberitaan yang beredar terkait selentingan itu. Konsul kedutaan dia klaim sudah menawarkan pemulangan serta beberapa opsi lain kepada keduanya.

"Meski tidak didukung oleh paspor dan dokumen penting lain, Konsul kami telah siap untuk semua pengurusan terkait hal tersebut. Namun ternyata mereka menolak untuk dipulangkan secara segera," terang Galuzin di kediamannya di bilangan Kuningan, Jakarta, Rabu (27/7).

Beberapa opsi juga sempat ditawarkan, seperti menelepon kerabat untuk dapat membantu kepulangan mereka.

"Konsul kami telah menawarkan untuk dapat berbicara langsung kepada pihak keluarga menggunakan semua fasilitas di sini. Hal itu dimaksudkan untuk kepentingan mereka seperti meminta kiriman uang dari keluarga di Rusia untuk pembelian tiket pesawat, namun mereka menolak dan ingin tetap ada di Jakarta sampai awal Agustus sekitar tanggal 1 atau 2," jelasnya.

Dubes Galuzin secara tegas tidak membenarkan adanya berita yang beredar lewat jejarin Facebook.

"Kami secara cepat telah melakukan yang terbaik untuk mereka. Mereka yang menolak dan ingin tinggal sedikit lebih lama di Indonesia," kata Galuzin.

Dimitrii Abdugafarov dan Aleksandra Kolesnikova berasal dari Moscow State University. Mereka melakukan penelitian sebagai salah satu syarat kelulusan mereka dengan judul "Permasalahan dan mendasar pengembangan tempat rekreasi Asia dan Russia: Analisis komparatif"

Dimitrii dan Aleksandra telah melakukan observasi di Kazakhstan, China, Vietnam, Thailand, dan Malaysia, hingga akhirnya mengalami kesialan di Indonesia.

Beredar foto kedua orang ini menggelandang di Stasiun Sudirman dan mengundang perhatian masyarakat. Kisah ini banyak dibagikan di Facebook.(Merdeka.com)

Komentar

Loading...