Kemendikbud RI Gelar Peresmian Nilai Budaya di Bireuen

Acehportal

AcehportalBireuen (Acehportal)- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen menggelar kegiatan persemaian nilai budaya dengan tema “memaknai sejarah dan budaya memperkuat karakter bangsa”.

Acara turut dihadiri Bupati Bireuen H Ruslan M Daud, Kasubdit Geografi Sejarah Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan DR. Agus Widiatmoko, M. Hum, unsur Forkompinda, para Guru dan Siswa Siswi dalam Kabupaten Bireuen, berlangsung di Gedung Olah raga (GOR) Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa Bireuen, Selasa (26/7)

Bupati Bireuen. H. Ruslan M. Daud dalam arahannya berharap kegiatan ini dapat membuka sejarah terkait penjabaran nilai budaya karakter bangsa di Kabupaten Bireuen. Melalui pemutaran film ini, Bupati berharap nantinya dapat memberikan dampak yang berarti dalam mengembangkan sumberdaya manusia yang berkualitas.

“Dengan penguatan nilai-nilai budaya bangsa, maka menjadi sarana mempromosikan Kabupaten Bireuen dalam masyarakat luas yang memiliki beragam potensi baik wisata, sejarah, budaya, kuliner serta sejarah perjuangan panjang dalam merebut kemerdekaan,”ungkapnya .

Sebelumnya, Kasubdit Geografi Sejarah Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan DR. Agus Widiatmoko, M. Hum dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya Kabupaten Bireuen sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini dikarenakan Bireuen memiliki Historis tersendiri ketika awal kemerdekaan.

DR. Agus juga menambahkan  pelaksanaan kegiatan persemaian nilai budaya dan nonton bareng bertujuan mengangkat kembali karya-karya anak bangsa yang mencoba membuat film yang berakarakter dengan nilai sejarah dan budaya bangsa.

“Mudah-mudahan film ini memberikan inspirasi kepada anak-anak didik kita, tidak hanya dalam film, tapi memaknai nilai sejarah budaya Aceh dan Indonesia” harapnya.

Sementara Itu Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bireuen Drs Nasrul Yuliansyah M Pd menyampaikan Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari dan diikuti 1.300 peserta.

“ peserta terdiri dari guru dan siswa sekolah dasar dan menengah pertama, dibagi dalam sesi pagi serta siang hari, dan acara turut dirangkai dengan nonton bareng film inspiratif” ujarnya (T.Duta)

Komentar

Loading...