Kelompok Abu Sayyaf Cilik 5 Warga Malaysia

Kelompok militan Abu Sayyaf di selatan Filipina. ©2016 mindanaoexaminer.com

abu sayyaf. ©2016 mindanaoexaminer.com

Kuala Lumpur, (Acehportal) - Lima warga Malaysia dipastikan diculik kelompok militan Filipina, Abu Sayyaf. Kelima orang tersebut telah menghilang sejak pekan lalu.

Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia, Khalid Abu Bakar mengatakan, kelima warga Malaysia itu diculik dari kapal penarik (tugboat) mereka pada 18 Juli lalu di perairan lepas pantai Sabah.

"Kelima awak tugboat itu telah diculik oleh kelompok dari Filipina selatan yang menculik demi uang tebusan," tutur Abu Bakar mengenai Abu Sayyaf.

Tidak disebutkan apakah saat ini telah ada permintaan uang tebusan dari Abu Sayyaf terkait penculikan kelima warga Malaysia itu.

Abu Sayyaf dilaporkan telah mendapatkan uang tebusan senilai jutaan dolar AS dari berbagai penculikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada April dan Juni lalu, kelompok militan itu telah memenggal dua turis Kanada karena tidak mendapatkan uang tebusan. Seorang pria Malaysia juga dipenggal tahun lalu karena alasan yang sama.

Pada Mei lalu, Abu Sayyaf membebaskan 14 pelaut Indonesia yang diculik dalam dua insiden terpisah. Serangan-serangan itu telah mendorong Indonesia, Malaysia dan Filipina melancarkan patroli laut bersama.(detik)

Komentar

Loading...