Mahasiswa Desak DPRA Batalkan Kunker ke Luar Negeri

Aksi tolak kunker anggota dpra_AP

Banda Aceh, (Acehportal) - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) didesak membatalkan kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri anggota legislatif menggelar aksi demo di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Karena dinilai tidak bermanfaat dan menghabis uang rakyat.

Pernyataan itu disampaikan belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Aceh, saat menggelar aksi unjuk rasa, di depan gedung DPRA, Senin (25/07/2016).

Dalam aksi yang dimulai sekitar pukul  11.00 WIB itu, awalnya mahasiswa hanya berorasi di depan pintu gerbang gedung legislatif itu. Mereka sempat mendorong pintu pagar dan menaikinya, supaya bisa masuk ke dalam pekarangan gedung legislatif itu, tapi dilarang oleh aparat kepolisian.

Baru sekita pukul 12.15 WIB, mahasiswa diperbolehkan masuk, dan mendapat tanggapan dari Ketua DPRA, Muharuddin serta Wakil Ketua DPRA, T Irwan Djohan. Keduanya juga menandatangani surat pernyataan tidak ikut serta dalam kunker ke luar negeri tersebut, yang diminta oleh mahasiswa.

Koordinator Aksi, Hasrizal mengatakan, mereka melakukan aksi tersebut untuk mendesak DPRA membatalkan kunker anggota dewan kelima negara. karena dinilai itu sangat melukai hati rakyat ditengah kondisi kesejahteraan Aceh semakin terpuruk.

Menurut mahasiswa, Komisi I telah berangkat ke Amerika Serikat, Komisi IV yang sudah kembali dari Maroko, dan beberapa komisi lain, juga akan berangkat ke Australia, Swiss dan Spanyol.

“Komisi I yang berangkat ke Amerika justru merupakan program dadakan, karena baru mendapatkan undangan untuk mengikuti seminar politik dan hukum. Padahal sistem hukum Amerika Serikat dan Indonesia justru sangat berbeda, apalagi degan Aceh,” ungkapnya. (adi)

Komentar

Loading...