Bersaing Masuk Unsyiah, 3.002 Peserta Ikut UMB

Calon Mahasiswa

Banda Aceh, (Acehportal) - Sebanyak 3.002 peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN) tahun 2016 bersaing untuk masuk ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Tercatat 3.802 mendaftar pada UMB di Unsyiah, namun hanya 3.002 orang membayar biaya ujian tulis UMB. Peserta ujian UMB tersebut terbagi atas tiga kategori, yaitu IPA, IPS, dan IPC.

Ujian tulis UMB berlangsung Minggu (24/07/2016) dengan ujian tersebar di beberapa titik dalam kawasan kampus Unsyiah. Sedangkan hasil ujian tulis UMB akan diumumkan secara online pada 31 Juli 2016 melalui situs www.spmb.or.id.

Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal M.Eng ikut meninjau lokasi pelaksanaan ujian tulis UMB di lingkungan kampus Unsyiah. Samsul mengatakan, daya tampung calon mahasiswa pada jalur penerimaan UMB tahun ini sebanyak 25 persen, sedangkan tahun lalu hanya 20 persen.

Bagi mahasiswa yang nanti dinyatakan lulus seleksi UMB diharapkan agar lebih sering memantau pengumuman yang dimuat pada situs www.unsyiah.ac.id. Semua tahapan proses pendaftaran ulang dan lain-lain akan diberitahukan secara online melalui situs Unsyiah tersebut.

“Secara rinci, jumlah peserta ujian tulis UMB tahun 2016 kategori IPA ada sebanyak 842 orang, IPS 1.047 orang, dan IPC 1.113 orang. Jadi, total peserta yang terdaftar pada jalur UMB tahun ini 3.002 orang,” sebutnya.

Menurut Rektor Unsyiah, informasi tahapan pasca kelulusan hanya akan diumumkan secara resmi melalui situs Unsyiah. Jadi, calon mahasiswa yang sudah lulus nantinya disarankan agar tidak menerima informasi sembarangan selain dari website tersebut.

Selanjutnya, mahasiswa baru dilarang untuk mengikuti berbagai kegiatan yang berbau ospek. Larangan itu juga berlaku bagi para mahasiswa lama. Mahasiswa lama dilarang mengadakan kegiatan yang berbau ospek. Apabila peringatan ini dilanggar, maka baik mahasiswa baru atau lama akan dikenakan sanksi oleh pihak universitas.

Dalam kunjungannya ke lapangan, Rektor Unsyiah mengaku, secara umum fasilitas yang tersedia di lokasi pelaksanaan UMB sudah sangat memadai. Walaupun masih ada ruangan yang masih bermasalah dengan AC.

Kekurangan tersebut akan segera ditanggulangi oleh pihak Unsyiah untuk kenyamanan proses perkuliahan kelak. Upaya pemenuhan fasilitas yang memadai juga bagian dari penilaian para asesor untuk memberikan akreditasi A bagi Unsyiah.

Ada sedikit perbedaan mengenai biaya kuliah UMB dengan SNMPTN dan SBMPTN. Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) pada jalur UMB lebih mahal ketimbang jalur masuk lainnya.

Selain itu, mahasiswa yang lulus jalur UMB dikenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Besaran UKTB dan SPI sesuai dengan program studi yang dipilih. Untuk melihatnya silahkan mengunduh dokumen UKTB dan SPI pada bagian pengumuman di laman www.unsyiah.ac.id.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir menambahkan, UMB merupakan sebutan baru bagi Jalur Mandiri Unsyiah (JMU). Status mahasiswa yang lulus via UMB sama dengan status mahasiswa yang lulus melalui jalur lainnya. Bedanya hanya pada biaya proses perkuliahan. (analisadaily)

Komentar

Loading...