Lebihi Kapasitas, 50 Napi Rutan Bireuen Dipindahkan

lebihi-kapasitas-napi-rutan-bireuen-dipindahkan_analisadaily

Bireuen, (Acehportal) - Melebihnya kapasitas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bireuen, sebanyak 50 narapidana (napi)  dipindahkan ke sejumlah rutan dan Lembaga Pemasyarakatan (LP) pada delapan kabupaten/kota di Aceh, Minggu (24/07/2016) dengan dikawal aparat keamanan.

Kepala Rutan Bireuen, Irfan Riandy menyebutkan, 9 napi dipindahkan ke Rutan Kelas II B Banda Aceh, 8 ke LP Kelas II B Meulaboh, 4 ke Rutan Kelas II B Sigli, 5 ke Rutan Kelas II B Tapaktuan dan 7 ke Lapas Kelas III Blangpidie.

Berikutnya ke Cabang Rutan Aceh Singkil 6 orang, ke Lapas II A Lhokseumawe 5 orang serta ke Cabang Rutan Calang 6 orang. “Faktor utama pemindahan, sebab Rutan Bireuen sudah sangat over kapasitas,” jelasnya.

Jumlah napi Rutan Bireuen idealnya 70 warga binaan, tapi saat ini jumlahnya sudah mencapai 350 orang, termasuk tahanan titipan. “Napi yang dipindahkan termasuk mereka ikut terlibat kericuhan malam lebaran,” ucap Irfan.

Irfan menyebutkan, pihaknya sudah mengusulkan ke Kemenkum dan HAM RI untuk pemindahan 100 napi ke sejumlah rutan dan LP di Aceh. Tetapi untuk tahap pertama baru diizinkan 50 napi, sisanya akan menyusul.

Pemindahan 50 napi itu melibatkan 31 anggota TNI Batalyon Infanteri 113/Jaya Sakti, 15 anggota Kodim 0111/Bireuen dan 30 anggota Polres Bireuen serta beberapa petugas rutan. Napi dibawa dengan satu mobil tahanan Kejari Bireuen dan enam minibus.

Para napi yang dipindahkan dipanggil satu per satu dan langsung disuruh naik ke mobil yang telah dipersiapkan. Dengan pengawalan ketat aparat keamanan bersenjata lengkap, napi diboyong ke rutan dan LP daerah tujuan. (analisadaily)

Komentar

Loading...