Besok, Piala Adipura Akan Diarak Keliling Kota

Adipura Foto:Acehportal.com

AcehportalBanda Aceh, (Acehportal)  -Piala adipura Kirana yang diterima Kota Banda Aceh akan diarak keliling Kota Banda Aceh pada hari Sabtu (23/07), sekitar pukul 16.00 Wib.

Piala Adipura akan diarak melewati beberapa jalan protokol yaitu mulai dari depan Kantor PU di Pango menuju ke jalan Panglima T Nyak Makam, melewati kantor Gubernur, kemudian berbelok ke Jalan T Nyak Arif menuju Bundaran Simpang Lima, ke Jalan Ahmad Yani Peunayong, Jembatan Peunayong, ke Jalan Tentara Pelajar, Jalan Diponegoro, Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah, di Simpang Kodim belok kanan ke depan Barata, Masuk ke jalan Abu Lam U (Balaikota).

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Humas Setda Kota Banda Aceh, Wirzaini Usman, S.HI melalui Kasubbag Hubungan Kelembagaan dan Media Center, Mahdi Andela MM, Jumat (22/07)

Selain diikuti oleh para kepala SKPD dan PNS, arak-arakan juga diikuti oleh sejumlah komunitas, duta wisata, duta lingkungan dan para pelajar.

Dikatakannya, dengan arak-arakan ini diharapkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan kota semakin meningkat untuk kemudian terwujudnya kualitas kebersihan Kota yang saling bersaing untuk memperebutkan piala Adipura Kencana pada tahun depan.

“Dengan mengarak Piala Adipura ini keliling kota kita harap akan semakin meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan kedepan. Karena Kita butuh tingkatkan kualitas kebersihan untuk bersaing di Piala Adipura Kencana yang standar kebersihannya dinilai sampai ke pekarangan dan rumah penduduk,” harap Mahdi.

Tahun ini Kota Banda Aceh kembali mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan lingkungan, Adipura.

Mahdi mengungkapkan, sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menurunkan tim penilai Adipura ke Kota Banda Aceh mulai 22-24 Maret 2016. Tim tersebut beranggotakan 5 orang yang terdiri dari unsur KLHK, Bapedal Aceh, Akademisi, LSM, dan Pers.

Pada tahun 2016 ini, katanya, kategori Adipura dibagi menjadi tiga bagian, yakni Adipura Paripurna, Kirana dan Adipura Buana.

"Untuk Kota Banda Aceh berdasarkan surat yang dikirimkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 15 Juli 2016, akan menerima Adipura Kirana," terangnya.

Penghargaan ini, katanya, diberikan kepada kota/kabupaten yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui ’’Trade, Tourism and Investment” yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE akan hadir ke Siak Provinsi Riau untuk menerima penghargaan anugerah Adipura Kirana 2016 yang akan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr Ir Siti Nurbaya Bakar M.Sc, Jumat (22/7) pagi.

Ia menyebutkan, penganugerahan penghargaan Adipura 2016, yang dirangkaikan dengan peringatan hari lingkungan hidup 2016 dipusatkan di Lapangan Depan Istana Siak Jalan Sultan Syarief Kasim, Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak Provinsi Riau.

"Ini adalah Adipura ke-8, dan Jumat malam, Walikota menerima langsung piala Adipura di Kabupaten Siak, Riau," jelasnya.(raja)

Komentar

Loading...