Calon Komisioner KKR Mulai di Uji Fit and Propertest

Iskandar@acehportal.com

Iskandar@acehportal.com
Iskandar@acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), mulai melakukan fit and propertest terhadap calon komisioner Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh di DPR setempat, Senin (18/07).

Anggota Komisi 1 DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky mengatakan, fit and propertest akan berlangsung selama dua hari.

"Ada 21 calon komisioner yang nama-nama lulus uji oleh pansel KKR sebelumnya kita uji kelayakan dan kepatutan,"jelasnya.

Ia menambahkan, ada tiga materi utama yang menjadi pertanyaan secara panel dari anggota Komisi 1 DPRA kepada calon komisioner KKR tersebut.

Untuk wawancara kelayakan, tambahnya, semua anggota komisi 1 hadir yang berjumlah 10 orang. "Nilai yang diberikan akan direkap secara langsung dan nanti akan diumumkan siapa yang layak menjadi komisioner KKR ini,"ungkap Iskandar.

Iskandar juga menjelaskan, nanti usai terpilih sebagai komisioner KKR, mereka akan bekerja untuk mengungkap kebenaran soal pelanggaran HAM berat di Aceh dengan pola yang telah ditetapkan, termasuk melakukan investigasi persoalan yang terjadi di masa konflik dahulu.

“Mereka harus tahan banting. nanti akan bekerja di lapangan yang akan berhadapan dengan berbagai pihak," pungkas mantan aktivis mahasiswa ini.(ro)

Komentar

Loading...