BUMDes Didorong Bangun Penginapan untuk Kemajuan Pariwisata

wisatawan Foto: Analisa

wisatawan Foto: Analisa
wisatawan Foto: Analisa

Singkil, (Acehportal) - Pulau Banyak saat ini menjadi prima­dona bagi turis lokal dan manca­negara un­tuk dikunjungi, namun karena terba­tasnya fasilitas yang dimiliki membuat para pelancong enggan datang.

Seperti transportasi dari Singkil, ibukota kabupaten me­nuju Pulau Banyak hanya dilayani KMP Teluk Singkil sebanyak dua ka­li seminggu. Selebihnya, dilayani kapal angkutan masya­rakat yang tidak repre­sentatif untuk melayani turis berwi­sata ke Bulau Banyak.

Terbatasnya penginapan di Pulau Ba­nyak, Kabu­paten Aceh Singkil membuat peme­rintah setempat melakukan terobosan dengan mendorong masyarakat membuat kamar untuk dise­wa­kan ke­pada pelancong.

Beberapa desa di Kecamatan Pulau Banyak dan Pulau Ba­nyak Barat dido­rong melalui dana desa membangun penginapan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Hal tersebut dikatakan Camat Pulau Banyak, Faisal STP, M.Si kepada Analisa, baru-baru ini. Menurutnya, beberapa war­ga telah membangun kamar yang dileng­kapi kamar mandi un­tuk disewakan kepada pengunjung.

Direncanakan pihaknya akan berkoor­dinas dengan instansi terkait di kabu­paten untuk melakukan bedah rumah warga de­ngan membuat sejumlah kamar penginap­an. Tek­nis bedah ru­mah akan dibicarakan dengan pemilik rumah dan rencana kerja dengan dinas terkait.

Desa-desa di kecamatan tersebut telah diarahkan untukr membangun pariwisata yang dapat mendorong pening­katan ekono­mi masyarakat.

“Melalui dana desa BUM­des di ma­sing-masing desa membuat penginapan untuk dise­wakan kepada pe­lancong se­bagai penghasilan bagi BUMdes,” ujar camat.

Meningkat

Dijelaskan, tingkat kunjungan pelan­cong ke Pulau Banyak, terutama wisatawan domestik setahun terakhir meningkat ta­jam. Pada hari libur nasional, kata Faisal, Pulau Balai, Ibukota Kecamatan Pulau Banyak dipadati pelancong.

Banyak pelancong mendirikan tenda-tenda di pulau-pulau di kawasan itu. Se­bagian menempati penginapan dan mengi­nap di rumah penduduk yang hanya menye­diakan fasilitas tikar dan kamar mandi.

Camat berharap pihak investor mena­nam­kan modal di Pulau Ba­nyak untuk mem­ba­ngun hotel berbintang atau resort dan lainnya.

Pemerintah atau pegiat wisata diharap­kan secara teratur me­laksanakan kegiatan seperti festival budaya di Pulau Banyak. Camat Faisal sangat mendukung rencana festival budaya yang akan digelar di Pulau Banyak pada tanggal 21Juli mendatang.

Acara ini akan dihadiri oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah yang sekaligus me­resmikan jembatan Blibong yang meng­hu­­bungkan Pulau Balai dan Pulau Teluk Ni­bung.(Analisa)

Komentar

Loading...