Barang Kedaluwarsa Ditemukan di Aceh Selatan

ilustrasi razia@Acehportal.com

Tapaktuan, (Acehportal) - Dalam upaya pencegahan beredarnya barang kedaluwarsa dan perlindungan bagi konsumen, Dinas Perindagkop UKM Aceh Selatan melakukan razia makanan di sejumlah lokasi sejak beberapa hari lalu. Hasilnya, ditemukan sejumlah produk barang kemasan seperti makanan ringan dan minuman kaleng yang sudah kedaluwarsa.

Kepala Dinas Perindagkop UKM Aceh Selatan, H Ridwansyah SE, kepada Analisa, Kamis (30/6),  mengatakan, razia dilakukan di sejumlah ibukota kecamatan seperti di Terbangan, Kecamatan Pasie Raja.

“Kita tidak melakukan tindakan tetapi hanya memberikan peringatan dan mengimbau agar produk yang sudah kedaluwarsa tidak dipajang,” katanya melalui Kabid Perdagangan Saiful Rahman SE.

Menurutnya, razia yang dilakukan oleh tim bersifat persuasif dan imbauan karena pihaknya tidak berhak untuk me­lakukan penyitaan. “Kami akan membuat surat kepada camat dan distributor agar menjaga masa berlaku pemakaian produk dan barang seperti itu untuk tidak dipajang,” katanya.

Harapan agar Disperindagkop UKM Aceh Selatan melakukan razia disampaikan kalangan LSM dan konsumen di Tapaktuan kepada Analisa, pekan lalu, sehubungan ada­nya dugaan sejumlah toko yang menjual produk yang telah kedaluwarsa. “Ternyata menurut tim barang-barang sudah kedaluwarsa. Kita mendukung upaya tersebut agar konsumen terlindungi,” kata Ali Zamzami, Koordnator LSM Formak Aceh Selatan. (Analisa)

Komentar

Loading...