Unsyiah Terima Mahasiswa Baru Jalur UMB

Ilustrasi SBMPTN (Foto: Antara)

Peserta SMPTN@Antara
Peserta SMPTN@Antara

Banda Aceh, (Acehportal) - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh, kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) tahun 2016.

"Unsyiah akan menerima sebanyak 25 persen dari jalur ini dari total keseluruhan penerimaan mahasiswa baru," kata Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan, pendaftaran melalui jalur tersebut telah dibuka sejak 16 Mei 2016 dan akan berakhir pada 22 Juli 2016.

Prof Samsul Rizal mengatakan, penerimaan mahasiswa melalui jalur UMB hanya berlaku untuk 14 universitas termasuk Unsyiah.

Unsyiah menerima mahasiswa baru melalui  jalur UMB dengan kuota 25 persen pada tahun tersebut. Jumlah itu meningkat dari jumlah tahun sebelumnya yang hanya 20 persen.

Sebelumnya, Unsyiah telah menerima mahasiswa jalur SNMPTN sebanyak 40 persen, SBMPTN sebesar 35 persen dan UMB 25 persen.

"Bagi calon mahasiswa yang berminat dapat mendaftar secara online di situs https://penerimaan.spmb.or.id/ dengan menggunakan email calon peserta," katanya.

Ia menambahkan setelah mengisi biodata, calon peserta diminta untukmencetak bukti registrasi untuk pembayaran biaya pendaftaran pada bank BNI. Informasi lengkap mengenai jalur masuk UMB dapat diakses di www.spmb.or.id.

Ia juga mengimbau calon peserta UMB agar dapat membaca dahulu panduan di laman tersebut,karena ada enam jenis pembayaran yang akan menentukan pilihan perguruan tinggi yang dipilih.

UMB merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahap akhir yang biasa disebut juga dengan jalur mandiri.

Ada pun 14 perguruan tinggi yang membuka jalur UMB yaitu, Unsyiah, Unimal, UTU, Unsam, USU, Unand, ISI Padangpanjang, Umrah, Unja, Untirta, UT, UPR, Universitas Borneo Tarakan dan Universitas Udayana.(Antara)

Komentar

Loading...