Tiga Pengebom Bunuh Diri di Bandara Istanbul Diduga Warga Asing

Situasi di bandara Ataturk usai ledakan bom (REUTERS/Murad Sezer)

Situasi di bandara Ataturk usai ledakan bom (REUTERS/Murad Sezer)
Situasi di bandara Ataturk usai ledakan bom (REUTERS/Murad Sezer)

Istanbul, (Acehportal) - Mayat tiga pengebom bunuh diri di bandara Ataturk, Istanbul, Turki selesai diautopsi. Otoritas Turki menyebut berdasarkan kartu identitas, ketiga pelaku diduga berkewarganegaraan asing.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (29/6/2016), penyidik Turki masih menganalisis rekaman kamera keamanan juga keterangan saksi mata. Sejauh ini 41 orang tewas dan 239 orang luka-luka akibat serangan bersenjata dan tiga ledakan bom bunuh diri di bandara Ataturk, Selasa (28/6) malam waktu setempat.

Keterangan saksi mata dan pernyataan otoritas setempat menyebut, salah satu pelaku melepas tembakan di terminal keberangkatan dengan senapan otomatis. Tembakan itu membuat orang-orang di sekitar lokasi berlarian dan mencari perlindungan. Ketiga pelaku kemudian meledakkan diri mereka di beberapa lokasi terpisah. Ada yang di dalam terminal keberangkatan dan ada yang di luar, tepatnya satu lantai di bawah terminal keberangkatan.

Rekaman video menunjukkan salah satu pelaku yang tengah berada di dalam gedung terminal, terkena tembakan, yang dilepaskan seorang polisi. Pelaku itu jatuh ke lantai dan orang-orang di sekitarnya terlihat berlarian. Sang pelaku kemudian meledakkan diri selang 20 detik kemudian.

"Ini seperti potongan puzzle ... Otoritas tengah memeriksa rekaman CCTV, keterangan saksi mata," tutur seorang pejabat Turki yang enggan disebut namanya.

Sedangkan kantor berita Turki, Dogan, menyebut proses autopsi atas mayat ketiga pelaku telah selesai dilakukan. Kondisi mayat ketiganya tidak utuh, dengan bagian torso terkoyak akibat ledakan.

Tanpa menjelaskan sumbernya, Dogan menyebut para pelaku kemungkinan warga negara asing. Namun informasi itu hanya didasarkan pada kartu identitas, sehingga belum terkonfirmasi kebenarannya.

Sebelumnya, sumber pejabat Turki menuturkan kepada CNN, dua ledakan bom bunuh diri terjadi di dalam gedung terminal internasional. Sedangkan satu ledakan lainnya terjadi di dekat area parkir bandara. Ketiga pelaku disebut menggunakan rompi peledak dalam serangannya.

Dampak ledakan itu cukup dahsyat, dengan bagian langit-langit di luar gedung ambruk. Pecahan kaca berserakan dan kabel listrik bergelantungan di langit-langit. Upaya pembersihan di lokasi kejadian mulai dilakukan dan personel kepolisian bersenjata lengkap terus berpatroli.(detik)

Komentar

Loading...