‘Ronaldo Pemain Luar Biasa, Akan Mampu Menangani Tekanan’

Foto: Philippe Desmazes / AFP

Foto: Philippe Desmazes / AFP
Foto: Philippe Desmazes / AFP

Marcoussis, (Acehportal) - Pelatih Portugal Fernando Santos yakin Cristiano Ronaldo takkan terpengaruh dengan beban terkait pengharapan tim dan negaranya menjelang laga perempatfinal Piala Eropa 2016.

Pesepakbola 31 tahun itu sudah menjalani turnamen yang tak mulus-mulus amat di Prancis sejauh ini. Sempat gagal melakukan apa yang amat identik dengan dirinya, bikin gol, Ronaldo akhirnya mencetak dua gol ke gawang Hongaria di laga terakhir fase grup untuk meloloskan Portugal lewat jalur salah satu tim terbaik di peringkat tiga klasemen akhir fase grup.

Dengan melakukannya maka pemain yang juga jadi bagian skuat Portugal saat kalah dari Yunani di final Euro 2004 itu menjadi pemain pertama yang bikin gol dalam empat edisi berbeda Piala Eropa.

"Semua orang membicarakan dirinya dan ada alasan untuk itu, ia seorang pemain luar biasa. Orang-orang cuma banyak membicarakan para pemain hebat. Ada ratusan pemain lain yang tidak kita bicarakan setiap hari," kata Santos seperti dikutip Sky Sports.

"Wajar saja jika ada pemain tertentu yang disebut-sebut lebih daripada yang lain karena mereka adalah pemain luar biasa. Ronaldo tahu bagaimana harus menanganinya," ucapnya.

Dalam lajunya sampai ke perempatfinal ini Portugal melakukannya tanpa meraih satu pun kemenangan dalam 90 menit permainan. Selecao das Quinas berimbang di tiga laga grupnya dan mengalahkan Kroasia di babak 16 besar berkat gol tunggal Ricardo Quaresma, memanfaatkan rebound dari tendangan Ronaldo, ketika permainan sudah memasuki extra time.

Dalam pertandingan lawan Kroasia itu sendiri Portugal turut memperlihatkan permainan apik di lini belakang dan Santos mengakui bahwa ia kini harus menemukan keseimbangan tepat antara bertahan dan memberikan asupan untuk Ronaldo.

"Tentu saja kami ingin membuat keseimbangan. Kami lebih suka (Ronaldo) melepaskan 15 tembakan tepat sasaran dan membuat 10 gol (satu pertandingan) tapi lawan kami tidak membiarkan hal tersebut," ujar Santos.

"Di seluruh pertandingan kami berusaha menemukan keseimbangan dan setiap pemain memainkan perannya masing-masing. Itulah yang harus kami lakukan besok," sebutnya.

Portugal akan menghadapi Polandia di Stade Vélodrome, Marseille, Jumat (1/7/2016) dinihari WIB dalam waktu kick-off pukul 02.00 WIB, untuk memperebutkan satu tiket ke semifinal.(detik)

Komentar

Loading...