Kronologis Bom Bunuh Diri 3 Teroris di Bandara Istanbul

Petugas forensik melakukan penyelamatan pada korban ledakan bom di bandara Internasional Ataturk, Istanbul, turki, 28 Juni 2016. dailymail.co.uk/tempo

Petugas forensik melakukan penyelamatan pada korban ledakan bom di bandara Internasional Ataturk, Istanbul, turki, 28 Juni 2016. dailymail.co.uk/tempo
Petugas forensik melakukan penyelamatan pada korban ledakan bom di bandara Internasional Ataturk, Istanbul, turki, 28 Juni 2016. dailymail.co.uk/tempo

Jakarta, (Acehportal) - Turki kembali diguncang serangan teror. Tadi malam, tiga pria bersenjata melakukan teror skala besar dan terkoordinasi di terminal keberangkatan internasional bandara Ataturk, Istanbul. Puluhan orang tewas dan lebih seratus orang terluka. Tiga pelaku tewas dengan cara meledakkan dirinya dengan bom yang ditaruh di badan mereka.

Berikut kronologi peristiwa tragis serangan teroris  di bandara terbesar di Turki dan bandara tersibuk ketiga di Eropa.

  1. sekitar pukul 7.50 malam waktu Istanbul. Tiga orang pelaku memasuki bandara dengan mengendarai taksi.
  1. Ketiganya berusaha menghindari alat pendeteksi keamanan x-ray di pintu masuk terminal.
  1. Beberapa petugas keamanan menghentikan ketiganya. Mereka membawa peralatan yang mencurigakan aparat.
  1. Ketiganya kemudian menembaki aparat keamanan dengan senjata yang mereka bawa. "Satu teroris di pintu masuk terminal internasional melakukan penembakan pertama dengan senjata Kalashnikova dan kemudian meledakkan dirinya," kata Menteri Kehakiman Bekir Bozdag saat berbicara di parlemen di Ankara, ibu kota Turki.

5.Seorang lainnya berlari masuk ke dalam terminal kedatangan internasional dengan membawa AK-47. Ia kemudian terjatuh setelah ditembak polisi. Senjata AK-47 terlempar di lantai, polisi kemudian mendekati pelaku yang terkena tembakan. Pelaku mencabut detonor bom yang ditaruh di tubuhnya dan meledak.

  1. Pelaku ketiga diduga meledakkan dirinya di tempat parkir mobil terminal.
  1. Aksi tembak-menembak hingga terjadi ledakan bom bunuh diri berakhir sekitar pukul 9.50 malam waktu setempat.
  1. Sedikitnya 30 ambulans dan puluhan petugas paramedis berdatangan berusaha menyelamatkan korban ledakan bom bunuh diri. Diperkirakan jumlah korban tewas mencapai 50 orang dan melukai lebih dari 100 orang. Mereka yang menjadi korban ada yang berasal dari sejumlah negara.
  1. Aksi teroris ini disebut sebagai serangan besar dan terkoordinasi.
  1. Saksi mata di antaranya dua turis asal Cape Town, Afrika Selatan mengatakan satu teroris mengenakan pakaian warna hitam dan memegang senjata yang ditaruh di balik bajunya. Tidak menggunakan penutup wajah. Ia menyaksikan pria itu berlari ke lantai bawah dengan menggunakan eskalator. Hingga kemudian terdengar beberapa kali tembakan dan ledakan.
  1. Kondisi terminal kedatangan internasional bandara Atartuk berantakan, darah berkucuran di lantai, beberapa orang saling berpelukan dan menangis, wajah mereka tegang karena ketakutan.
  1. Belum diketahui pasti pelaku teror, namun pemerintah Turki menduga pelakunya adalah ISIS.(tempo)

Komentar

Loading...