Agostini Yakin Rossi Masih Bisa Jadi Juara MotoGP

Mirco Lazzari gp/Getty Images

Mirco Lazzari gp/Getty Images
Mirco Lazzari gp/Getty Images

Jakarta, (Acehportal) - Legenda balap motor Italia, Giacomo Agostini yakin bahwa peluang Valentino Rossi untuk jadi juara MotoGP musim ini belum sepenuhnya tertutup.

Rossi melakukan kesalahan fatal saat ia gagal finis di GP Assen lantaran terjatuh saat tengah memimpin perlombaan. Efeknya, Rossi kini tertinggal 42 poin dari Marc Marquez yang memimpin klasemen.

“Masih ada 250 poin yang diperebutkan dan berbicara peluang juara bukanlah hal yang berlebihan. Memang peluang untuk jadi juara akan lebih sulit, namun yang pasti kompetisi belum berakhir,” ujar Agostini kepada LaPresse.

Salah satu dasar keyakinan Agostini terkait peluang Rossi jadi juara dunia adalah performa motor Yamaha musim ini.

“Ya, tentu saja Marquez adalah favorit juara dunia saat ini dan bukan hanya saja saja yang akan mengatakan hal itu.”

“Logis bila seseorang dianggap jadi favorit ketika memimpin klasemen. Namun yang patut jadi perhitungan adalah performa motor Yamaha yang lebih bagus di musim ini,” ujar pria berusia 74 tahun ini.

Terkait kesalahan Rossi di GP Assen, Agostini menilai hal tersebut tak sepenuhnya mutlak merupakan blunder dari Rossi.

“Dalam lintasan basah, seorang pebalap bisa saja memacu motornya dengan kecepatan dan jalur lintasan yang sama selama 25 lap namun kemudian tiba-tiba dia jatuh di lap ke-26. Saya pun pernah mengalami hal itu.”

“Bila pebalap ingin memenangkan perlombaan, maka dia harus melaju dengan cepat, mencapai batas yang ia miliki. Sayangnya, karakteristik lintasan basah terkadang membuat pebalap terdorong untuk melakukan kesalahan,” ujar Agostini. (detik)

Komentar

Loading...