44 CJH Aceh Terancam Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Kakemenag Aceh @Acehportal.com

Kakemenag Aceh @Acehportal.com
Kakemenag Aceh @Acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Dari kuota sebanyak 3.111 calon jemaah haji asal Provinsi Aceh sebanyak 44 orang terancam akan gagal berangkat ke tanah suci dikarenakan belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Hingga saat ini baru 3.067 orang yang sudah melunasi BPIH, dan 44 orang belum melunasi,”ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh Rabu (29/06) di Banda Aceh.

Ia mengungkapkan, jika BPIH belum dilunasi oleh para calon jemaah haji maka mereka tidak akan bisa diberangkatkan ke Tanah Suci pada pada tahun ini. Sementara bagi calon jemaah haji yang sudah melunasi BPIH akan diberangkatkan mulai 10 Agustus 2016.

“Kita memberikan waktu sampai 30 Juni 2016 ini untuk melunasi BPIH, jika masih belum melunasi mereka tidak bisa diberangkatkan ke tanah suci,”ungkapnya.

Dia juga menyatakan, apabila sampai waktu yang telah ditentukan, 44 calon jemaah haji tetap belum melunasi BPIH ini maka mereka akan diganti dengan calon jemaah lainnya.

“Jemaah yang gagal berangkat maka posisi mereka digantikan oleh calon haji lainnya yang sudah masuk daftar tunggu, sehingga kuota haji yang diberikan untuk Aceh tetap penuh,”sebutnya.

Untuk itu, Daud Pakeh mengimbau mereka yang belum melunasi BPIH agar segera melunasi, sehingga mereka tidak digantikan orang lain. Jika mereka gagal berangkat, tentu mereka akan masuk daftar tunggu haji yang daftarnya cukup panjang.

Daud Pakeh juga menyatakan, jamaah calon haji asal Aceh diberangkatkan dalam sembilan kelompok terbang atau kloter. Kloter pertama mulai masuk asrama pada 5 Agustus 2016 dan berangkat pada 10 Agustus 2016.

“Setiap kloter sebanyak 393 orang yang diberangkatkan. Terdiri 388 orang calon haji dan lima petugas pendamping. Jamaah calon haji asal Aceh langsung diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi dengan pesawat Garuda Indonesia,”jelasnya.(adi)

Komentar

Loading...