Jamaluddin: UKM Jangan Tergantung Dengan Bantuan Pemerintah

foto:acehportal.com

foto:acehportal.com
foto:acehportal.com

Sigli, (Acehportal) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD-KNPI) Aceh, Jamaluddin ST, mengharapkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Pidie harus dapat berdiri mandiri dan otonom.

Hal itu diungkapkan Jamaluddin saat mengunjungi pelatihan life skill keterampilan aneka kain perca (patchwark dan quilt), yang dilaksanakan KNPI Pidie, Senin (27/06/2016), di gedung Konveksi pakaian Baitul Mal Kabupaten setempat.

“UKM di Pidie harus mandiri tidak boleh tergantung dengan bantuan pemerintah saja,”ungkapnya.

Menurut dia, UKM bisa mengembangkan hasil produk-produk yang berkualitas sehingga bisa bersaing ketingkat provinsi Aceh. “Karena selama banyak UKM di Aceh hanya mengandalkan bantuan pemerintah saja untuk mengembangkan usahanya,”paparnya.

“UKM jangan berharap di Pemkab saja, harus mandiri dan lihat saja UKM Putroe Kreasi binaan KNPI Pidie, mereka sekarang sudah bisa mandiri dan terus mengambangkan hasil karyanya ketingkat Provinsi dan Nasional,”terang Jamaluddin.

Dia mengatakan, semua UKM yang dibentuk oleh masyarakat dapat mencontoh pola menagement UKM Putro Kreasi yang merupakan bentukan KNPI Pidie yang telah lebih dulu mandiri.

Pelatihan yang dilaksanakan sejak tangal 24 Juni 2016 lalu, melatih sebanyak 20 peserta wanita dari berbagai unsur pemudi dan pelajar.(aju)

Komentar

Loading...