Jalan Nasional Subulussalam-Tapaktuan Ambles

jalan nasional subulussalam ambles. foto:Analisa

jalan nasional subulussalam ambles. foto:Analisa
jalan nasional subulussalam ambles. foto:Analisa

Subulussalam, (Acehportal) - Ruas jalan nasional yang menghubungkan Subulussalam-Tapaktuan, Aceh Selatan, ambles akibat tergerus air. Kondisi ini menyebabkan ruas jalan menyempit sehingga akan mengganggu arus mudik Idulfitri 1437 Hijriah beberapa hari ke depan.

Pantauan Analisa, Senin (27/06/2016) kerusakan bahu jalan diperkirakan sekitar empat meter dengan kedalaman sekitar dua meter lebih itu berada di Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Titik badan jalan longsor persis berada di sisi kanan dari Subulussalam menuju Aceh Selatan. Di lokasi tidak ada terlihat rambu-rambu peringatan, kecuali pohon kayu yang ditanamkan oleh warga di lubang jalan untuk memberitahu kepada pengguna jalan bahwa kondisi jalan sedang ambles.

Keadaan ini membahayakan, terutama pada malam hari. Terlebih lagi di lokasi tersebut tidak ada lampu penerangan jalan, sementara akses lalu lintas diperkirakan melonjak menjelang Lebaran.

Camat Sultan Daulat Khairunnas mengatakan, jalan ambles diduga akibat curah hujan tinggi sejak sepekan terakhir sehingga menyebabkan badan jalan luruh setelah lama tergerus air hujan.

“Iya, jalan ambles sudah seminggu lebih, mungkin akibat tanah tergerus air sehingga aspal jatuh dan longsor,” katanya.

Dikatakannya, ruas jalan tersebut merupakan satu-satunya akses dari lintas barat Aceh menuju Subulussalam. Jika badan jalan yang ambles semakin lebar akibat curah hujan masih tinggi dikhawatirkan arus transportasi terancam lumpuh total.

“Kami berharap dinas terkait segera memperbaiki badan jalan tersebut. Jangan sampai kerusakan semakin parah terancam putus total,” harapnya.(Analisa)

Komentar

Loading...