Enam Kapal Akan Layani Pemudik dan Lonjakan Wisatawan di Sabang

ilustrasi - kapal KMP tanjung Burang. Foto: Acehportal.com

ilustrasi/kapal KMP tanjung Burang(acehportal)
ilustrasi/kapal KMP tanjung Burang(acehportal)

Sabang, (Acehportal) - Sebanyak enam kapal disiapkan untuk melayani arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah dan lonjakan kunjungan wisatawan pada libur panjang tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Sabang, Irawadi menyatakan, untuk kelancaran arus mudik enam kapal siap melayani pemudik dari Sabang-Banda Aceh.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan enam kapal siap melayani arus mudik," katanya, Minggu di Sabang.

Dia menyebutkan, keseluruhan ada enam kapal yang akan melayani arus mudik, diantaranya tiga kapal lambat milik ASDP dan tiga kapal cepat milik PT Pelayaran Sakti Inti Makmur.

"Ke enam kapal tersebut dalam kondisi siaga di pelabuhan Balohan, Sabang dan di pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh dan Insya Allah jika cuaca baik pelayarannya lancar," tuturnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Kapal Lambat milik PT ASDP terdiri dari, KMP BRR, KMP Tanjung Burang dan KMP Papuyu atau biasa disebut Kapal Roro.

Sementara, tiga apal cepat milik PT Pelayaran Sakti Inti Makmur terdiri dari, Ekpress Bahari 3B, Express Cantika 89 dan Express Bahari 2F.

Irawadi juga menyebutkan, arus mudik dari Sabang-Banda Aceh akan terjadi peningkatan tiga atau dua hari sebelum hari H lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah dan kunjungan wisatawan akan meningkat drastis pada hari kedua leburan

"Biasanya H-3 Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah ada peningkatan arus mudik dan kita sudah melakakan koordinasi dengan para pihak terkait, dan lonjakan kunjungan wisatawan terjadi biasanya pada hari kedua lebaran Idul Fitri dan kita akan menambah trip pelayaran sesuai kebutuhan," tuturnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menghibau kepada para pemudik dan wisatawan untuk mematuhi rambu-rambu pelayaran

dan membeli tiket pada loket yang telah disediakan, yang terpenting tidak membeli tiket pada calo.

"Kami sudah sampaikan kepada pihak kapal untuk menempel nomor bangku agar penumpang mendapat tempat duduk sesuai dengan nomor tiketnya," katanya lagi.

Irawadi juga mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan posko informasi di Pelabuhan Balohan, Sabang yang terdiri dari Petugas, Dishub yakni Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (LLAJR), Polri, dan pihak terkait lainnya.

"Di pelabuhan Balohan juga sudah disiapkan pos kesehatan, intinya kita sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak agar semua berjalan tertip dan lancar," ujarnya.(Antara)

Komentar

Loading...