DPRA Bertemu Bawaslu dan Kemendagri Bahas Qanun Penyelenggaran Pemilu

iskandar Al farlaky
iskandar Al farlaky

Jakarta (Acehportal): Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) yang membidangi politik, hukum, pemerintahan, dan keamanan, Jumat (24/6) melakukan pertemuan dengan pihak Bawaslu dan Kemendagri terkait qanun penyelenggara pemilu yang saat ini sedang digodok komisi 1 DPRA.

Anggota komisi 1 DPRA yang dikonfirmasi tadi pagi mengatakan, pertemuan dengan Bawaslu berlangsung pagi hari. Sementara dengan pihak Kemendagri akan berlangsung setelah Jumat nanti. Ia menyebutkan, pembahasan qanun yang ditangani komisi 1 terus dikebut serta diusahakan bisa segera paripurna dalam waktu dekat ini.

Ia menambahkan, pertemuan akan membahas beberapa persoalan konsultasi mengenai dengan regulasi terbaru soal lembaga pengawasan pemilu dan perannya sesuai dengan lembaga pengawasan yang dimasukkan dalam qanun dimaksud. "Termasuk salah satunya soal rekruitmen Panwas kecamatan yang dulunya direkrut KIP, kini kita masukkan di qanun akan direkrut oleh Panwas Kabupaten/kota.

Selain itu, hal-hal yang dibicarakan adalah soal ranah pemilu dan pemilihan, kemudian laporan penyelenggara dan sengketa " ujar mantan jurnalis ini.(***)

Komentar

Loading...