Rektor: Jangan anggap remeh sumpah jabatan

Foto: Antara

Banda Aceh, (Acehportal) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Prof Farid Wajdi Ibrahim mengingatkan kepada pegawai negeri sipil (PNS) di perguruan tinggi tersebut agar tidak main-main dengan sumpah jabatan.

"Sumpah adalah suatu pengakuan tulus yang harus dipertanggungjawabkan, bukan saja kepada bangsa, negara, tapi juga kepada Allah SWT," katanya di sela-sela sumpah PNS di lingkungan UIN Ar-Raniry tahun 2016 di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan agar setiap PNS dapat memahaimi dan mengamalkan sumpah tersebut dan tidak tidak boleh main-main dengan sumpah karena apa bila tidak melaksanakan dengan baik maka sumpah tersebut akan mengejar dan memakan tubuh kita.

"Jika dalam ucapan sumpah tersebut ada PNS yang tidak menghayati maka saya sarankan mengambil kopiannya untuk dipelajari, karena sumpah itu melekat sampai pensiun dan berlaku untuk semua,"katanya.

Menurut dia setiap sumpah yang diucapkan memiliki konsekwensi, khususnya yang terangkum dalam teks sumpah yang diucapkan, misalnya menjalankan tugas sebagai amanah.

Ia mengatakan dalam meraih suatu karir nantinya ada yang lebih cepat dan ada juga yang tertinggal, karenanya evaluasi sejak dini untuk peningkatan kemampuan, keterampilan, kemauan dan profesionalisme.

Farid juga mengajak seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry untuk menjaga citra baik kampus ini baik dari segi penampilan, pakaian serta tutur kata yang baik dan sopan.

Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian UIN Ar-Raniry, Subki Djuned menyebutkan, jumlah PNS UIN Ar-Raniry yang disumpah tahun 2016 ini sebanyak 65 orang, terdiri dari 57 dosen dan delapan tenaga administrasi yang ditempatkan di beberapa unit kerja di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry.(Antara)

Komentar

Loading...