Demo Guru di Meksiko Rusuh, 6 Tewas

Foto: Kobaran api dalam aksi para guru di Meksiko/BBC World/detik

Foto: Kobaran api dalam aksi para guru di Meksiko/BBC World/detik
Foto: Kobaran api dalam aksi para guru di Meksiko/BBC World/detik

Meksiko, (Acehportal) - Sekelompok pria bersenjata yang tidak dikenal dilaporkan melepas tembakan ke arah polisi dan pengunjuk rasa.

Enam orang tewas di Meksiko bagian selatan dalam kerusuhan antara guru-guru yang berunjuk rasa dengan polisi.

Sekitar 100 lainnya cedera, termasuk sejumlah aparat polisi.

Kekerasan terjadi di negara bagian Oaxaca menyusul penangkapan dua pemimpin serikat buruh yang berpengaruh pekan lalu karena tuduhan korupsi.

Para guru yang menjadi anggota serikat Koordinasi Nasional Pekerja Pendidikan atau CNTE -yang memiliki sejarah aksi radikal- menutup jalan-jalan di negara bagian itu sejak penangkapan kedua pemimpin mereka.

Pihak berwenang mengatakan polisi sedang berupaya membongkar barikade ketika beberapa pria bersenjata yang tidak dikenal melepas tembakan ke arah polisi dan pengunjuk rasa sehingga terjadi kekacauan dan bentrokan lebih lanjut.

Komisi Keamanan Nasional Meksiko dalam pernyataan awalnya mengatakan aparat polisi yang beroperasi di dekat kota Nochixtlan tidak membawa senjata api.

Namun belakangan, Kepala Kepolisian Federal, Enrique Galindon, menyebutkan unit bersenjata dikerahkan setelah tembakan diarahkan ke polisi dan pengunjuk rasa oleh 'orang-orang tidak dikenal' yang tidak terkait dengan unjuk rasa.

Serikat buruh CNTE menentang reformasi pendidikan yang diberlakukan Presiden Enrique Pena Nieto tahun 2013 lalu, yang antara lain akan menerapkan penilaian atas kinerja para guru.(detik)

Komentar

Loading...