Hendak Lintasi Perbatasan, 11 Warga Suriah Ditembak Mati Tentara Turki

Ilustrasi (REUTERS/Laszlo Balogh)

Damaskus, (Acehportal) - Tentara perbatasan Turki menembak mati sedikitnya 11 warga Suriah yang berusaha melintasi perbatasan. Warga Suriah itu berusaha kabur dari konflik yang terus melanda tempat tinggalnya.

Disampaikan organisasi pemantau konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, seperti dilansir Reuters, Senin (20/6/2016), warga Suriah yang masih satu keluarga itu, berusaha melintasi perbatasan Turki dengan Suriah pada Minggu (19/6) pagi. Mereka berasal dari desa perbatasan Khirbet al Jouz.

Beberapa aktivis di Suriah membenarkan laporan Observatory tersebut. Kelompok oposisi Suriah, Koalisi Nasional (NC) yang berbasis di Istanbul dan didukung Turki, seperti dilansir AFP, menyebut penembakan itu sebagai tragedi mengerikan. NC membenarkan ada 11 warga sipil Suriah yang tewas ditembak saat melintasi perbatasan Turki pada Minggu (19/6).

Observatory menyebut, jumlah korban tewas dalam penembakan di perbatasan Turki-Suriah pada Minggu (19/6) merupakan jumlah terbanyak sejauh ini. Observatory juga menyebut, empat korban tewas di antaranya merupakan anak-anak dan delapan warga Suriah lainnya luka-luka dalam insiden yang sama.

Kelompok yang sejak lama memantau konflik Suriah ini menyebut, pihaknya telah mendokumentasikan kematian nyaris 60 warga sipil yang berusaha kabur dari konflik Suriah, sejak awal tahun ini. Kebanyakan insiden melibatkan penembakan oleh tentara perbatasan Turki, negara tetangga Suriah.

Menanggapi laporan Observatory ini, sumber dari militer Turki menyangkalnya. "Klaim bahwa tentara Turki menewaskan 9 orang yang berusaha menyeberang perbatasan di Provinsi Hatay ... adalah tidak benar. Semalam ada upaya melintasi perbatasan secara ilegal, tapi tidak ada tembakan yang dilepaskan secara langsung kepada orang-orang itu," tegas sumber militer Turki.

"Setelah tembakan peringatan, rombongan tujuh hingga delapan orang berlari ke hutan," imbuh sumber itu.

Otoritas Turki telah menutup sebagian besar perlintasan perbatasannya untuk pengungsi Suriah. Namun sekitar 2,7 juta pengungsi Suriah yang terdaftar kini hidup di Turki, dengan 280 ribu pengungsi di antaranya hidup di kamp penampungan.(detik)

Komentar

Loading...