Galang Dana untuk Perbaikan Masjid, WNI di Australia Sumbang Rp 3 M

foto: detik

foto: detik
foto: detik

Sydney, (Acehportal) - Muslim WNI di Australia dari berbagai komunitas menggelar penggalangan dana untuk menyumbang perbaikan masjid. Acara ini sukses mengumpulkan dana lebih dari Rp 3 miliar.

Acara berkonsep Fundraising Dinner ini diselenggarakan oleh iQro Foundation pada Sabtu, 18 Juni 2016. Peserta yang hadir berjumlah 450 orang terdiri dari muslim dan muslimah dewasa dan remaja serta lebih dari 90 anak-anak yang berasal dari beragam komunitas diantaranya KJRI, komunitas iQro dan jama'ah masjid IQro, komunitas CIDE, komunitas IIA, komunitas Aceh, komunitas Muhammadyah.

Ada juga komunitas dari pengajian West, komunitas IMGT, komunitas Minang Saiyo, komunitas Ashabul Kahfi, komunitas pengajian Macquarie University dan komunitas pengajian pelajar Indonesia KPII. Hadir juga undangan dari Canterbury Council serta berbagai komunitas masjid masjid di Sydney. Sedangkan peserta individual tidak hanya berasal dari Sydney tetapi ada yang secara khusus datang dari bagian lain seperti Canberra.

"Panitia tidak menyangka sambutan masyarakat sangat luar biasa. Bahkan sehari sebelum acara pun panitia masih menerima permintaan membeli tiket seharga $50 per orangnya dan luar biasanya lagi permintaan tiket pun juga terjadi pada pada pagi hari dan pada saat akan dimulai acara," kata Lisa, panitia fundraising dari komunitas iQro dalam surat elektronik yang diterima detikcom, Senin (20/6/2016).

"Sumbangan akan digunakan untuk pelunasan hutang dan upgrade masjid iQro. Alhamdulillah licence sebagai mesjid resmi didapat dari council akan tetapi building perlu diupgrade agar mjd safety building," tambah Lisa.

Lisa mengungkapkan dukungan berbagai komunitas dan individu telah terkumpul sumbangan lebih dari Rp 3 milliar. Jumlah itu melebihi jumlah target yang semula Rp 2,5 milliar. Menurutnya hal ini merupakan sebuah sejarah berbagai komunitas muslim bersatu, bersilaturahiim dan bahu membahu hingga target pelunasan masjid tercapai.

"Alhamdulillah masyarakat antusias dan berlomba lomba beramal jariyah," ucapnya.

Acara fundraising dinner ini dipersiapkan sejak awal bulan April 2016. Masyarakat sangat puas dan menikmati acara fundraising dinner ini. Salah satu peserta bernama Ibrahim Nguyen menuliskan testimoninya.

"Semula saya pikir saya akan bosan berada di gedung selama 3 jam ternyata saya sangat menikmati sekali, acaranya sangat bagus karena 99 persennya disampaikan dalam bahasa lokal yakni bahasa Inggris," kata Ibrahim.

Lisa mengatakan IQro Foundation selaku pihak penyelenggara mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat muslim Sydney dan organisasi masyarakat. "Semoga Allah membalas amal baiknya dengan kebaikan yang berlipatganda dan pahala syurgaNya," ucap Lisa.(detik)

Komentar

Loading...