Anggota DPRA: Dunia Pariwisata Sumber PAD Terbesar bagi Aceh

foto:acehportal.com

foto:acehportal.com
foto:acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Dalam memajukan dunia pariwisata di Provinsi Aceh, Pemerintah Aceh harus memberikan dukungan anggaran yang memadai untuk membagun sarana dan prasarana infrastruktur pariwisata.

“Kalau tak didukung dengan anggaran yang memadai bagi instansi terkait maka sector pariwisata di Aceh tidak akan maju dan berkembang,”ungkap Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Abdurrahman Ahmad, Senin (20/06/2016) di Banda Aceh.

Menurut dia, seharusnya pemerintah Aceh membangun infrastruktur pariwisata seperti jalan-jalan menuju lokasi wisata, dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Selain itu, katanya, Pemerintah Aceh juga diminta untuk memberikan jaminan ketersediaan listrik, sehingga investor mau hadir di Aceh untuk berinvestasi dibidang Pariwisata.

Namun, tambahnya, pada kenyataannya pemerintah Aceh terlihat tidak fokus pada dunia pariwisata yang diyakininya sangat berpotensi mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Aceh. “Jika sector pariwisata diurus secara baik, maka PAD akan meningkat belum lagi akan membuka lapangan kerja pada berbagai sektor pendukung,”paparnya.

“Komitmen pemerintahnya masih kurang, kita bisa lihat dari Anggarannya sangat sedikit. Karena kalau untuk membangun jalan bagus pemerintah kita mampu. Kemudian fasilitas umum itu juga mampu kita bangun, tapi kita tidak fokus pada pariwisata,”kata ketua Fraksi Gerindra-PKS itu.

Padahal, kata Abdurrahman, sektor pariwisata tidak membutuhkan modal besar, yang dibutuhkan hanya merawat alam yang sudah ada serta menyediakan fasilitas pendukung.

Untuk itu, Abdurrahman berharap ada koordinasi antara pemerintah Aceh dengan pemerintah kabupaten/kota yang memiliki potensi pariwisata untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Pada kesempatan itu Abdurrahman juga menyatakan, dukungannya terhadap pengembangan wisata halal di provinsi Aceh. “Saya yakin wisata halal akan berkembang di Provinsi ini,”ungkapnya.(***)

Komentar

Loading...