TNI Angkatan Laut Akan Kawal Kapal Imigran Sampai Perbatasan Laut Lepas

kapal Imigran Sri Lanka @Acehportal.com

kapal Imigran Sri Lanka @Acehportal.com
kapal Imigran Sri Lanka @Acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Kapal para imigran etnis Tamil, Sri Lanka dipastikan akan ditarik menggunakan tugboat (kapal tunda), jika stater dinamu mesinnya sudah diperbaiki, serta menunggu air pasang naik hingga ke bibir pantai.

Selain itu juga kapal imigran Sri Langka yang terdampar ini akan digeser mengunakan alat berat. Namun, kapal itu belum bisa dipastikan kapan akan ditarik hingga ke tengah laut melewati perbatasan.

“Kita lihat kondisi laut dulu.  Ini sedang dituggu air pasang naik, nanti baru bisa geser,” kata Kapolda Aceh, Irjen Pol M Husein Hamidi, saat melihat kapal milik warga imigran etnis Tamil itu, di bibir pantai Pulo Kapuk, Lhoknga, Aceh Besar, Kamis (16/06/2016).

Dikatakannya, untuk menarik Kapal besi yang berisikan 44 warga imigran etnis Tamil itu, akan menggunakan kapal TNI Angkatan Laut, tugboat (kapal menarik atau mendorong kapal lainnya). Selain itu juga dibantu alat berat, guna mendorong  kapal dan menggali pasir, supaya lebih ringan saat ditarik.

Jika sudah berhasil dilakukan, sambung Kapolda, kapal itu akan dipandu dan dikawal oleh TNI Angkatan Laut hingga keperbatasan di laut lepas. Supaya mereka tidak kembali lagi ke wilayah perairan Indonesia.

“Ini kita arahkan mereka pulang ke kampungnya Sri Lanka. Kita tidak tahu tujuan mereka arahnya kemana, yang jelas sekarang terdampar di daerah kita,”ungkapnya.

Namun, sebelum ditarik ke laut lepas, akan diberikan bantuan bahan bakar minyak (BBM) dan makanan-minuman secukupnya, supaya mereka bisa kembali berlayar.(adi)

Komentar

Loading...