Begini Cara Penuhi Kebutuhan Cairan saat Puasa

banyak-minum-air-putih-untuk-menjaga-tubuh-tetap-bugar-_160331082454-504

Jakarta, (Acehportal) -- Salah satu masalah yang sering terjadi saat puasa adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Agar tubuh terhidrasi dengan baik, ada caranya loh. Berikut saran dari Dokter Spesialis Gizi Klinis, Tirta Prawita Sari.

Menurut dia, saat puasa, dehidrasi tidak dapat dihindari karena selama 12 sampai 14 jam puasa. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh saat puasa, asupan air harus tercukupi. Caranya mudah saja. Dari kebutuhan air orang dewasa sehat sekitar delapan gelas per hari, dibagi saja selama puasa.

“Minum dalam jumlah banyak sekaligus juga tidak baik, karena akan membebani ginjal kita dalam waktu dekat, untungnya itu bisa dibayar saat buka puasa, menjelang tidur, dan saat sahur,” jelasnya kepada Republika.co.id, belum lama ini.

Dia menjelaskan, porsi delapan gelas sehari bisa dicicil dengan cara, saat buka puasa, sesudah makan buah potong ditambah air putih saja satu gelas.  Selepas shalat Magrib, minum lagi satu gelas. Setelah itu makan besar, minum satu gelas.

“Habis itu persiapan tarawih, sebelum tarawih minum segelas. Dan habis tarawih minum satu gelas lagi, sebelum tidur minum segelas, dan sahur dua gelas,” ujarnya.

Selain itu, ia menyarankan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah yang terpapar langsung matahari. Jadi, yuk disiplinkan diri minum air putih setiap hari. Apalagi saat puasa seperti ini. Semoga bermanfaat.(republika)

Komentar

Loading...