Semester I, Realiasasi Anggaran BPKS Baru 10 Persen

foto: Fadhlullah @int

foto: Fadhlullah @int
foto: Fadhlullah @int

Banda Aceh, (Acehportal) - Hingga saat ini realisasi Badan Pengusahaan Perdagangan Kawasan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) baru terealisasi sepuluh persen dari total anggaran sekitar Rp.220 miliar.

"Hingga saat ini realisasi anggaran BPKS baru 10 persen, seharusnya pada akhir semester satu capaiannya sudah mencapai 50 persen,”ungkap Anggota Komisi VI DPR, Fadhlullah, di Banda Aceh, Jumat (10/06/2016).

Fadhlullah menjelaskan, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, pihaknya sudah meminta penjelasan terkait keterlambatan realiasi anggaran dari BKPS tersebut.

"Mereka mengaku anggarannya baru dibuka blokir dari Kementerian keuangan sehingga menjadi kendala dalam penyerapan anggaran dan saat ini berbagai pekerjaan baru  ditarik uang muka saja,"kata Fadhlulah.

Menurut dia, berbagai persoalan yang terjadi harus dapat diatasi oleh BPKS sehingga tidak ada pekerjaan yang tidak tuntas dikerjakan seseuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

"Kami tidak mau anggaran yang telah disiapkan untuk mendukung pembangunan dan kemajuan Sabang tidak bisa dioptimalkan oleh BPKS selaku penanggung jawab," kata anggota DPR asal Aceh ini.

Untuk itu, Dia meminta agar pihak BPKS dapat bekerja optimal dalam merealisasikan berbagai program yang telah dicanangknan dan dialokasikan melalui APBN sehingga pada Oktober nantinya realisasi telah mencapai 90 persen.

Lebih lanjut, Fadhlullah menambahkan, pada tahun 2016, BPKS mendapat pemotongan anggaran sebesar delapan persen yakni dari sekitar Rp240 miliar menjadi Rp220 miliar.

"Anggaran yang telah dialokasikan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga upaya menjadikan Sabang sebagai lokomotif ekonomi Aceh dapat terwujud di masa mendatang," demikian kata Fadhlullah.(ifd)

Komentar

Loading...