Lansia Diminta Siapkan Fisik dan Mental Hadapi Masa Tua

AcehPortal
AcehPortal

Banda Aceh, (Acehportal) - Setiap orang yang diberikan umur panjang oleh Allah swt pasti akan menghadapi masa-masa lanjut usia (Lansia) atau masa tua. Untuk menghadapi masa-masa tersebut dibutuhkan kesiapan baik secara fisik, mental dan agama.

Hal demikian diungkapkan Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar (FNU) disela-sela pembukaan kegiatan seminar mental health and brain activity (Kesehatan Mental untuk pralansia dan lansia) di Gedung SKB Lampineung Banda Aceh, Sabtu (30/04).

Kegiatan seminar tersebut menurut Farid merupakan rangkaian dari kegiaiatan peduli kesehatan yang dilaksanakannya pada periode April-Mei 2016, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan Social Health Service (SHS).

Farid berharap para lansia maupun pralansia tetap memiliki jiwa yang sehat dan tetap produktif diusia tua, karena menurutnya usia tua tidak bisa dihindari sehingga dibutuhkan kesiapan mental menghadapinya.

“Kegiatan ini saya inisiasi pada Dinas Kesehatan dalam rangka pembekalan kepada lansia dan pralansia, karena bedasarkan data yang kita miliki cukup banyak lansia di kota Banda Aceh, harapannya dengan pembekalan ini para lansia siap mnghadapi kondisi tersebut,”ujarnya.

Ia mencontohkan persoalan yang dihadapi lansia seperti menurunnya fisik yang berdampak pada penurunan daya ingat, gangguan kesehatan, gigi mulai rotok, kulit keriput dan hal lain yang cukup banyak dihadapi pada masa lansia ini.

“Oleh karena itu dibutuhkan kesiapan untuk menghadapi masa-masa itu dan kita tidak perlu takut apalagi sampai depresi berlebihan menghadapi masa-masa itu,”lanjutnya lagi.

Bahkan menurut Farid, secara agama, masa lansia ini juga harus benar-benar dimanfaatkan untuk intropeksi diri, memperbanyak ibadah, mengisi masa tua dengan hal-hal yang baik.

Farid menyebutkan selain kegiatan seminar Lansia, dalam waktu dekat juga dilaksanakan seminar pintar ASI kepada ibu-ibu, seminar bagi ibu-ibu yang baru melahirkan dan cerdas cermat bagi kader posyandu se kecamatan Kuta alam.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Kegiatan Silvana Adela mengatakan kegiatan itu diikuti 64 peserta ang berasal dari 11 gampong dalam kecamatan Kuta Alam Banda Aceh.

Kegiatan tersebut diakhir dengan pemeriksaan kesehatan gratis, serta memperagakan senam otak yang langsung diperagakan oleh para dokter.  Manfaat senam otak ini sendiri menurutnya untuk meningkatkan daya ingat lansia, juga untuk kesehatan tubuh.

“Pada seminar ini juga diperkenalkan persoalan yang dihadapi pada masa lansia serta penyakit-penyakit apa saja yang dihadapi lansia maupun pralansia,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Media Yulizar menyebutkan setidaknya ada 14 masalah yang dihadapi setiap orang pada masa lanjut usia diantaranya gangguan panca indera, menurunnya daya tahan tubuh, depresi dan gangguan tidur.(raja)

Komentar

Loading...