Selesaikan Konflik Lahan, PT. Semen Indonesia Akan Fasilitasi Warga dengan PT SCA

Warga Gampong Kulee unjuk rasa @acehportal.com

Warga Gampong Kulee unjuk rasa @acehportal.com
Warga Gampong Kulee unjuk rasa @acehportal.com

Banda Aceh, (Aceh Portal) – PT. Semen Indonesia akan menfasilitasi masyarkat dengan PT. Samana Citra Agung (SCA) untuk menyelesaikan konflik terkait penyelesaian sengketa lahan di Kecamatan Batee, dan Kecamatan Muara Tiga, Pidie.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Sigit Wahono, pada pertemuan dengan wartawan di Gedung Utama PT. Semen Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Senin (18/4).

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kadep Perluasan Bahan Baku, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Doni Avianto, Staf Sekretaris PT. Semen Indonesia Abimanyu, dan sejumlah pejabat lainnya di PT. Semen Indonesia tersebut.

Ia menyatakan, pihaknya bukan tidak bisa memenuhi permintaan masyarakat untuk membayar ganti rugi lahan mereka, karena ganti rugi lahan sudah diserahkan kepada PT. Samana Citra Agung.

“Itu sesuai perjanjian antara PT. Semem Indonesia dengan PT. Samana Citra Agung, bahwa pembebasan lahan dan perizinan dilakukan sepenuhnya oleh PT Samana Citra Agung,”ujar Sigit, terkait permintaan warga Kecamatan Batee dan Kecamatan Muara Tiga yang meminta PT. Semen Indonesia membayar ganti rugi lahan mereka.

Namun demikian, kata Sigit, pihak PT. Semen Indonesia akan mencoba menfasilitasi dan mencari solusi dalam penyelesaian ganti rugi lahan tersebut antara masyarakat dan PT Samana Citra Agung.

Kita harapkan persoalan ganti rugi lahan milik masyarakat dapat segera diselesaikan mengingat pembagunan pabrik semen di Laweung, Pidie akan segera dibagun.

Sebelumnya, Ratusan warga Desa Kulee, Kecamatan Batee, Pidie, Sabtu (16/4) berunjuk rasa di lokasi pembangunan pabrik semen oleh PT Semen Indonesia (SI) Aceh di kawasan perbukitan Laweung dan sebagian masuk dalam wilayah Kecamatan Batee.

Warga menuntut PT Samana Citra Agung (SCA) selaku pelaksana pembangunan segera membayar ganti rugi lahan sebelum pembangunan pabrik semen mulai akhir April mendatang. “Kami meminta PT. Semen Indonesia untuk membayar langsung ganti rugi lahan pembagunan pabrik semen di daerah kami,”kata sejumlah massa dalam aksi tersebut, beberapa waktu lalu.(adi)

Komentar

Loading...