Pabrik Semen di Laweung Akan Gunakan Teknologi Mutakhir dan Ramah Lingkungan

foto : acehportal.com

foto : acehportal.com
foto : acehportal.com

Banda Aceh, (Aceh Portal) – PT. Semen Indonesia Aceh yang akan dibagun di Kabupaten Pidie dalam tahun 2016 direncanakan akan menggunakan teknologi mutakhir dan ramah lingkungan.

Hal itu diungkapkan Kadep Perluasan Bahan Baku, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Doni Avianto di Gresik, pada pertemuan dengan wartawan di Gedung Utama PT. Semen Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Senin (18/4).

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kepala Biro Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Sigit Wahono, Staf Sekretaris PT. Semen Indonesia Abimanyu, dan sejumlah pejabat lainnya di PT. Semen Indonesia tersebut.

Ia menyatakan, bahwa pabrik yang akan dibangun dalam tahun ini didesain dengan mengadopsi teknologi mutakhir yang mengedepankan efisiensi dan ramah lingkungan.

Doni menjelaskan, pabrik tersebut tidak menggunakan sistem blasting atau pengemoban atau getaran, tetapi menggunakan sistem surfaceminer atau tambang permukaan. "Artinya, kita tidak menggunakan pengemoban untuk pengambilan bahan baku,"jelasnya.

“Pembagunan pabrik di kawasan Kecamatan Batee dan Muara Tiga, sangat ramah lingkungan,”sebutnya.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia, Sigit Wahono menambahkan, Indek energi yang dibutuhkan pada pabrik semen tersebut lebih rendah dibanding yang di daerah lainnya.

Dikatakannya, emisi debu di pabrik semen di Aceh menggunakan filter berupa kantong bag house sehingga tidak tergantung pasokan listrik sehingga tidak membutuhkan energi yang tinggi.

"Artinya, pada emisi debu electrostatic precipitator (EP) sangat tergantung pada listrik, terkadang sistem bisa keluar dan di Aceh tidak akan keluar karena ada kantong bag house,"jelasnya.(Adi)

Komentar

Loading...