Di Langsa Calon Keuchik Dites Urine

tes urine @analisa

tes urine @analisa
tes urine @analisa

Langsa, (Aceh Portal) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa melakukan tes urine terhadap 40 calon keuchik (kepala desa) yang akan maju pada di halaman Musala Kantor Setdako Langsa, Jumat (15/4).

Kabag Pemerintahan Setdako Langsa, Khairul Ichsan SSTP kepada Analisa menyebutkan, tes urine yang dilakukan BNN ini sesuai dengan Qanun (perda) Aceh No 4/2009 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pem­berhentian Keuchik. “Sesuai qanun ini bagi siapa saja yang men­calonkan diri pada pemilihan keuchik harus memenuhi persyaratan yakni tidak terlibat narkoba sehingga bagi semua calon keuchik wajib melakukan tes urine,” jelasnya.

Dikatakan, setelah tes urine, bila ada calon keuchik yang ternyata hasilnya positif menggunakan narkoba, secara otomatis gugur karena tidak memenuhi persyaratan dimaksud. Untuk tahap pertama dilakukan tes urine bagi 40 calon keuchik. Akan ada tahap selanjutnya untuk tes urine oleh BNN. Namun, jadwalnya tergantung BNN. “Kita hanya harus siap kapan saja ketika hendak dites urine nantinya,” katanya.

Diharapkan, ke depan tidak ada lagi pemimpin, khususnya di Kota Langsa mulai dari keuchik yang terlibat narkoba. “Pemimpin harus bisa memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Jika pemimpinnya terlibat narkoba bagaimana masyarakatnya,” ujarnya.

Pada tahun ini ada 15 gampong (desa) di Kota Langsa yang akan melaksanakan pemilihan langsung keuchik pada Mei 2016. Tapi, pemilihannya tidak dilakukan secara serentak. “Insya Allah, pemilihan keuchik nantinya dapat berjalan lancar dan aman sesuai azas demokrasi negara kita,” pungkasnya.

Sumber: Analisa

Komentar

Loading...