Tega, Traveler Ini Selundupkan Burung Langka Dalam Celana

Traveler yang kedapatan bawa burung langka (Bea Cukai Bandara Tan Son Nhat)

Traveler yang kedapatan bawa burung langka (Bea Cukai Bandara Tan Son Nhat)
Traveler yang kedapatan bawa burung langka (Bea Cukai Bandara Tan Son Nhat)

Ho Chi Minh, (Aceh Portal)  - Kadang ada traveler yang nekat. Belum lama, pihak Bandara Ho Chi Minh menangkap traveler Vietnam yang menyelundupkan burung langka di dalam celananya.

Kejadian itu pun sampai diberitakan media lokal Vietnam, Hoanhapthe hingga News.com Australia. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (15/4/2016), peristiwanya terjadi di Bandara Tan Son Nhat Vietnam pada Senin lalu (11/4) seperti diberitakan News.com Australia.

Kronologisnya, saat itu pihak bea cukai Bandara Tan Son Nhat di Vietnam tengag melakukan pengecekan standar sebelum penumpang naik pesawat. Namun alangkah terkejutnya mereka ketika menemukan belasan burung langka hidup yang disembunyikan traveler Vietnam di celananya.

Caranya pun tidak biasa, yakni dengan memasukkan burung ke dalam sebuah kantong kecil dan diikatkan ke kaus kaki yang tertutup celana. Tapi tidak hanya sampai di situ, pihak bea cukai juga menemukan burung lainnya di koper traveler yang tidak diketahui namanya tersebut.

Secara keseluruhan, pihak bea cukai bandara menemukan total 18 burung yang diselundupkan oleh pria tersebut. Ahli biologi pun mengatakan, 11 dari 18 burung yang ditemukan merupakan spesies langka yang dilindungi seperti diberitakan media Hoanhapthe.

Usut punya usut, pria tersebut diketahui akan menjual burung selundupannya tersebut ke Taiwan. Faktanya, praktek perdagangan binatang ilegal memang tengah marak di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Vietnam hingga Indonesia. Setiap tahunnya, bisnis ilegal ini dapat menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Bukan jumlah yang sedikit.

Kini pihak berwajib tengah menahan pria tersebut untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Sekiranya polisi dapat mengusut kasusnya hingga tuntas agar tidak terjadi lagi kejadian seperti itu di masa depan. Sungguh perbuatan tercela!

Sumber: detik.com

Komentar

Loading...