Prof Bachtiar Aly: Perbanyak Kesempatan Anak Aceh Belajar ke Luar Negeri

Prof Bachtiar Aly @acehportal.com

Prof Bachtiar Aly @acehportal.com
Prof Bachtiar Aly @acehportal.com

Aceh Besar, (Aceh Portal) - Anggota Komisi I DPR, Prof Bachtiar Aly menyatakan, salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia di Aceh dengan memperbanyak kesempatan generasi muda Aceh belajar ke luar negeri.

"Pemerintah Aceh perlu memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya kepada generasi Aceh untuk melanjutkan studi diberbagai perguruan tinggi luar negeri,"ujar Bachtiar Aly, pada acara temu wicara di salah satu warung kopi di Aceh Besar, Kamis (14/4) di Aceh Besar.

Anggota DPR RI itu mengatakan, dalam pertemuan tersebut banyak berbicara terkait mekanisme kerja DPR dan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Ia menjelaskan, yang penting saat ini adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan sumber daya manusia untuk berkiprah di tingkat provinsi maupun nasional.

"Artinya, kesempatan harus dibuka seluas-luasnya kepada anak-anak di Aceh, soal kembali atau tidak mengabdi di Aceh itu tidak terlalu penting,"ungkap Bachtiar dari fraksi Nasdem tersebut.

Menurut dia, setiap generasi muda yang melanjutkan studi merupakan aset yang dimiliki provinsi ujung paling barat Indonesia itu. "Orang-orang yang hebat di Aceh harus hijrah agar bisa mewarnai berbagai sektor di tingkat nasional,"pungkasnya.

Seharusnya, tambahnya, orang-orang yang sudah hebat disini jangan hanya berhenti di aceh saja, tapi harus berhijrah ke pusat untuk menduduk posisi penting di pusat. “Hal itu tidak bisa dilakukan sendiri dan harus dilakukan dengan lobi-lobi atau melakukan pendekatan,”paparnya.

Politisi Partai nasdem tersebut optimistis jika kesempatan diberikan seluas-luasnya, maka Aceh akan memiliki sumber daya manusia yang handal di berbagai sektor.

Untuk itu, Kita berharap generasi Aceh diberikan akses sebanyak-banyaknya untuk bisa mendapatkan beasiswa untuk bisa belajar di luar negeri.(adi)

Komentar

Loading...