Pemerintah Aceh Komitmen Kerjasama Dalam Pencegahan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup

hutan aceh@pikiran merdeka.com

hutan aceh@pikiran merdeka.com
hutan aceh@pikiran merdeka.com

Banda Aceh, (Aceh Portal) - Gubernur Aceh Zaini Abdullah, menyebutkan, Pemerintah Aceh akan terus berkomitmen dalam memperkuat kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak, dalam upaya pencegahan dan penegakan hukum lingkungan hidup di Aceh. Sehingga mampu menjaga dan merawat lingkungan Aceh lebih baik lagi kedepan.

“Dengan kerjasama ini, diharapkan kita mampu menjaga dan merawat lingkungan Aceh lebih baik,” kata Zaini Abdullah, saat membuka Workshop kerjasama Lintas Lembaga Membangun Kemitraan Dalam Pencegahan dan penegakan Hukum Lingkungan Hidup di Aceh, di Hotel Oasis Banda Aceh, Selasa (12/4/2016).

Adapun untuk menjalani kerjasama tersebut, dilakukan penandatanganan komitmen bersama tentang pencegahan dan penegakan hukum lingkungan Hidup terpadu di Aceh, oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Wakil Ketua DPRA T Irwan Djohan, Kapolda Aceh Irjen Pol M Husein Hamidi dan Kajati Aceh Raja Nafrizal.

Serta sejumlah LSM yang ikut menandatangani, diantaranya Walhi Aceh, LBH Banda Aceh, ACHI Aceh, WWF, FFI, Koalisi NGO HAM, GeRAK, LSGK dan BYTRA.

Gubernur berharap dengan kerjasama dan workshop tersebut, penegakan hukum bisa menindak bagi semua yang merusak lingkungan  secara tegas. Disamping itu, juga dapat lebih intensif lagi melakukan kerjasama dalam upaya mengkampanyekan perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup di Aceh.

“Upaya kerjasama pelestarian lingkungan yang kita laksanakan hari ini, sesungguhnya sejalan dengan program Pemerintah Aceh sebagaimana tercantum dalam RPJM Aceh tahun 2012-2017, khususnya menyangkut lingkungan hidup dan kebencanaan,” sebut Zaini.

Kerjasama ini, sambungnya,  juga diharapkan tidak hanya mendorong optimalisasi peran lembaga Pemerintah dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya di bidang lingkungan. Tapi, dapat pula memperkuat keterlibatan masyarakat dalam mendukung program tersebut.

Selain itu, harapan Gubernur  dengan workshop dan kerjasama tersebut, bisa melahirkan rumusan maupun gagasan sebagai rujukan bersama dalam meningkatkan upaya penegakan hukum lingkungan di Aceh. (adi)

Rubrik:News

Komentar

Loading...