Hingga Kini Korban Kebakaran di Ulee Matang Belum Dapat Rumah

ilustarasi rumah bantuan @Abatamnews.co.id

18rumah-subsidiLhoksukon, (Aceh Portal) - Puluhan korban kebakaran di Desa Ulee Matang, Seunuddon, Aceh Utara hingga saat ini belum mendapat rumah bantuan sehingga korban kebakaran menempati rumah tetangga mereka untuk sementara waktu.

“Rumah untuk puluhan korban kebakaran belum dibangun, padahal pasca kebakaran kami sudah mengusulkan ke dinas terkait agar segera dibangun agar mereka punya tempat tinggal, namun hingga kini belum terealisasi,” ujar Keuchik (kepala desa) Ulee Matang, Basri kepada Analisa, Minggu (10/4).

Dikatakan, karena dibangun rumah baru belum dibangun, para korban kebakaran terpaksa menempati rumah saudara mereka untuk sementara waktu.

Korban kebakaran mengharapkan pemerintah perintah segera membangun rumah layak huni untuk mereka.

Sekadar mengingatkan, sebanyak 10 unit rumah toko (ruko) berkonstruksi kayu di Ulee Matang, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, rata dengan tanah setelah terbakar, Senin (21/3), dini hari. Meski tak ada korban jiwa, kebakaran itu mengakibatkan kerugian yang ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

Di sisi lain, Pemerintah Kecamatan Seunuddon mengaku terus berupaya dalam membantu rumah layak huni bagi warga miskin yang ada di kecamatan tersebut. Menurut Camat Seunuddon, Fatwa Maulana, ada sekitar 300 unit lebih rumah tak layak huni di kecamatan itu.

“Kami terus berupaya agar warga miskin di kecamatan ini mendapatkan bantuan rumah layak huni sehingga mereka merasa nyaman dan tidur nyenyak di rumah itu. Untuk angka pasti saya tidak ingat, yang jelas ada 300 lebih rumah tak layak huni,” katanya belum lama ini.

Dia mengaku sudah mengajukan permohonan bantuan rumah ke pimpinan melalui Dinas Cipta Karya, Dinas Sosial dan kementerian terkait. Pihaknya berharap pengajuan itu segera terealisasi.

“Untuk menghidupi rumah tangganya, warga miskin di sini rata-rata berprofesi sebagai nelayan. Sebelumnya sebanyak 50 unit rumah untuk mereka juga sudah dibangun, sekarang kita tunggu lanjutannya,” ungkapnya.

Sumber: Analisa

Komentar

Loading...