Konvoi Rayakan UN, Polisi Tilang Ratusan Pelajar

Seorang petugas kepolisian membubarkan keramaian pelajar yang melakukan corat coret seragam sekolah di kawasan Jalan Gagak Hitam Medan@Analisa

 Seorang petugas kepolisian membubarkan keramaian pelajar yang melakukan corat coret seragam sekolah di kawasan Jalan Gagak Hitam Medan@Analisa
Seorang petugas kepolisian membubarkan keramaian pelajar yang melakukan corat coret seragam sekolah di kawasan Jalan Gagak Hitam Medan@Analisa

Medan, (Aceh Portal) - Ratusan pelajar SMA sederajat di Kota Medan yang melakukan konvoi ditilang petugas Satlantas Polresta Medan, Rabu (6/4).

Kasat Lantas Polresta Medan Kompol T Rizal Moelana SH SIK mengungkapkan, ada ratusan pelajar yang terjaring sedang melakukan konvoi di beberapa ruas jalan di Kota Medan

“Belum ada rekapitulasi data terkait jumlah keseluruhan, namun diperkirakan sudah ada sekitar 150 pelajar yang ditilang baik oleh petugas Satlantas Polresta Medan maupun polsek jajaran,” katanya.

Padahal, sebelum ditindak terkait hal ini, petugas telah memberikan imbauan kepada masing-masing sekolah untuk tidak melakukan konvoi dan corat-coret setelah selesai mengikuti UN.

“Kami dari pihak kepolisian sudah menyampaikan imbauan kepada masing-masing sekolah untuk tidak melakukan konvoi dan corat-coret,” tukasnya.

Kendati demikian, imbauan dari pihak pengatur ketertiban ini tidak diindahkan beberapa pelajar dari sekolah yang ada di Kota Medan. Maka pelanggaran atas imbauan itu tetap ditindak tegas. “Di antara mereka, masih tetap ada yang melakukan konvoi di jalan, maka hal ini akan kami tindak,” tambahnya.

Pantauan Analisa, banyak pelajar dengan berboncengan sepeda motor tidak menggunakan helm sebagai salah satu perlengkapan berlalu lintas. Tak hanya itu, sebagian dari mereka juga tampak membunyikan klakson secara beramai-ramai sembari mengeraskan suara knalpotnya.

Akibat konvoi tersebut, arus lalu lintas di sekitaran Lapangan Merdeka macat dan semrawut. Beberapa sopir angkot juga tampak tak mau kalah dengan membunyikan suara klaksonnya juga.

“Woi... minggir kalian! Mau cepat aku lewat jalan ini!” terdengar teriakan dari salah satu sopir angkot.

Tetapi teriakan tersebut bukannya digubris para siswa yang sedang berkonvoi, malah diteriaki para siswa yang sedang berkerumun menunggangi sepeda motornya.

“Sibuk kali pun kau! Seperti tidak pernah muda saja, gak bisa lihat orang senang,” ujar salah satu siswa dari beberapa kerumunan.

Semprot Baju

Tak hanya melakukan aksi konvoi, sejumlah siswa dari berbagai sekolah tampak menyemprot baju seragamnya seusai melaksanakan UN di beberapa titik lokasi.

Salah satunya terlihat di dekat SPBU di depan eks Bandara Polonia Medan. Dengan menggunakan cat semprot mereka tampak gembira saling menyemprot baju sesama rekannya.

Namun aksi sejumlah siswa-siswi SMA ini dilarang beberapa anggota TNI yang terlihat tidak jauh dari lokasi. Anggota TNI yang berseragam Angkatan Udara tampak juga melarang para siswa yang memarkirkan kendaraannya secara sembarangan di badan jalan.

Meski sempat dilarang, namun para siswa tampak membandel dan cenderung bertahan di lokasi walaupun akhirnya mereka tetap membubarkan diri.

“Sesekali saja kami kayak gini karena memperingati ujian terakhir, happy-happy dikitlah,” ujar salah satu siswa yang enggan menyebut namanya.

Sumber: Analisa

Komentar

Loading...