Hari Lahir Aceh Tamiang Diubah

sumber foto int

sumber foto int
sumber foto int

Aceh Portal, Kualasimpang - Hari lahir Aceh Tamiang yang biasanya diperingati setiap 2 Juni, diubah menjadi 10 April setiap tahun. Perubahan ini disesuaikan dengan tanggal pengesahan yang tercatat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Di sisi lain, kabupaten yang sudah berusia 13 tahun tersebut dituntut untuk terus berbenah menjadi daerah yang lebih baik dan mandiri di semua sektor.

Demikian disampaikan Bupati Aceh Tamiang, H Hamdan Sati ST, saat menggelar dialog audiensi nmenjelang hari ulang tahun (HUT) ke-14 Aceh Tamiang dengan unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus, pimpinan BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan unsur lainnya di Aula Setdakab Aceh Tamiang, pekan lalu.

Dikatakannya, Aceh Tamiang telah memberikan kontribusi nyata dengan sumber daya alam (SDA) yang melimpah yang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk terus membangun daerah dan mencerdaskan masyarakat.

Untuk itu, menjelang HUT ke-14, kita semua harus dapat berpartisipasi dan membesarkan Aceh Tamiang sekaligus memberi penghargaan kepada tokoh pemekaran yang lebih dari satu dekade nyaris terlupakan.

“Pada 10 April nanti kita akan memberi cendera mata kepada tokoh-tokoh yang ada di balik rencana pemekaran Aceh Tamiang,” katanya.

Wakil Bupati Drs Iskandar Zulkarnain MAP mengatakan, pergeseran HUT Aceh Tamiang menjadi 10 April sudah dibahas dalam beberapa kali pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri.

Dibenarkannya, 2 Juni merupakan hari lahirnya Pemkab Aceh Tamiang. Namun, yang termaktub dalam catatan Kemendagri, kabupaten ini disahkan pada 10 April. “Jadi, mulai tahun ini dan seterusnya, peringatan HUT Aceh Tamiang akan dilangsungkan setiap 10 April,” katanya.

Di samping itu, katanya, HUT suatu daerah identik dengan keramaian rakyat. Karenanya, akan dilaksanakan sidang istimewa paripurna di DPRK sebelum hari H yang selama 13 tahun ini belum pernah dilakukan.

“Kita rencanakan sidang paripurna istimewa DPRK Aceh Tamiang pada malam hari untuk HUT ke-14 ini. Usai paripurna akan dibuka kegiatan silaturahmi dengan pihak ketiga seperti BUMN, BUMD dan perusahaan swasta,” katanya.

Sementara, Ketua Harian HUT ke-14 Aceh Tamiang, Mix Donal yang juga Asisten I Setdakab Aceh Tamiang, mengatakan, ke depan, dalam setiap peringatan HUT akan digelar sidang paripurna istimewa untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap daerah ini.

Dia berharap, momen HUT ke-14 Aceh Tamiang berlangsung sukses dan mendapat berkah dari Allah SWT karena akan berlangsung lebih meriah dibandingkan peringatan sebelumnya.

Sumber: analisa

Komentar

Loading...