Bendera Bulan Bintang Sempat Berkibar di Aceh Timur

Foto: Okezone

Foto: Okezone
Foto: Okezone

Aceh Portal - Aceh Timur

Bendera bulan bintang berkibar di Lapangan Upacara Pemerintah Kabupaten Aceh Timur yang berada di Gampong Titi Baro, Kecamatan Idi Rayeuk. Bendera mirip simbol Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu kemudian langsung diturunkan aparat keamanan.

Kapolres Aceh Timur AKBP Hendri Budiman menyampaikan, pihaknya menerima informasi dari masyarakat bahwa ada selembar bendera bulan bintang berkibar di tiang bendera di lapangan tersebut.

“Memperoleh informasi tersebut, personil Polsek Idi Rayeuk, Intelkam, dan Babinsa Koramil 08/Idi, meluncur ke lokasi untuk menurunkan bendera tersebut,” katanya dalam rilis, Senin (4/4/2016).

Bendera berukuran 2x3 meter itu kemudian diamankan di Mapolsek Idi Rayeuk. Belum ada penjelasan siapa yang mengibarkan bendera itu.

Diketahui, bendera bulan bintang sudah dijadikan bendera Provinsi Aceh. Hal ini tertuang dalam Qanun (Perda) Aceh Nomor 3 tentang Lambang dan Bendera Aceh yang sudah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada 2013.

Namun bendera ini menuai kontroversi karena mirip dengan simbol kebesaran GAM, sehingga Pemerintah Pusat belum mengizinkan bendera itu dikibarkan secara resmi. Pemerintah Aceh dan pusat sudah berulang kali berunding terkait bendera ini, namun hingga kini belum ada titik temu.

Sumber: Okezone

Komentar

Loading...