Vanuatu Diguncang Gempa Berkekuatan 6,9 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Foto: Gempa 6,9 SR guncang Vanuatu (USGS)

Foto: Gempa 6,9 SR guncang Vanuatu (USGS)
Foto: Gempa 6,9 SR guncang Vanuatu (USGS)

Aceh Portal, Vanuatu - Gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) mengguncang Republik Vanuatu, sebuah negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian selatan, Minggu (3/4). Gempa ini tak berpotensi tsunami.

Dilansir Reuters, Senin (4/4/2016) gempa ini awalnya disebut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) berkekuatan 7,2 SR. Namun angka itu diralat dan diturunkan menjadi 6,9 SR. Gempa yang berpusat di 151 km sebelah barat laut dari Santo, Vanuatu, itu awalnya juga disebut berkedalaman sekitar 10 km, namun kemudian diralat menjadi sekitar 35 km.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyebut, peringatan bahaya tsunami dibatalkan dengan adanya revisi itu.

"Berdasarkan semua data yang tersedia ... ancaman tsunami dari gempa ini kini sebagian besar telah lewat," kata seorang ahli geofisika di Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, Kanoa Koyanagi.

The Vanuatu Meteorologi Services menyatakan, sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Pernyataan itu juga dibenarkan oleh Anna Romero, seorang dokter yang tinggal di sebuah hotel dekat kota Luganville di Santo. Dia merasakan getaran, namun tak melihat tanda-tanda kerusakan.

Sumber: detik

Komentar

Loading...