Ujian Secara Online Lebih Disenangi Siswa

tinjau UN @acehportal.com

Illiza tinjau UN @acehportal.com
Illiza tinjau UN @acehportal.com

Aceh Portal, Banda Aceh - Walikota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal memantau pelaksanaan Ujian Nasional hari pertama tingkat SMA/sederajat di sejumlah sekolah di wilayah kota Banda Aceh, Senin (4/4).

SMK Negeri 1 menjadi sekolah pertama yang dikunjungi oleh orang nomor satu di Banda Aceh, selanjutnya Walikota Illiza melanjutkan pantauan ke SMA Negeri 11 di Lueng Bata, Banda Aceh.

Walikota Illiza menyatakan, SMKN 1 menjadi pantauan pertama karena SMKN 1 merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau secara online.

Pada tahun ini, jelas Illiza, ada 10 sekolah di Banda Aceh yang melaksanakan ujian secara online diantaranya 7 SMA dan 3 SMK. Sisanya masih menggunakan sistem manual.

Selain itu, Ia mengungkapkan, sejumlah peserta ujian memberitahunya jika mereka lebih senang mengikuti ujian secara online ketimbang manual. “Dengan komputer lebih praktis, mudah, dan membuat mereka bisa lebih fokus menjawab soal ujian,”ujarnya usai memantau pelaksanaan UN di SMKN 1 Banda Aceh.

Untuk itu, Illiza berharap kedepan UNBK dapat dilaksanakan di semua sekolah yang ada di Banda Aceh. “Saya menilai UNBK ini lebih baik, dan tahun ini ada 10 SMA/sederajat yang sudah melaksanakannya. Mudah-mudahan berjalan lancar karena ketersediaan listrik dan internet tentu sudah kita antisipasi,”pungkasnya.

Walikota Banda Aceh ini menambahkan, pada hari pertama UN tingkat SMA/sederajat tahun ini, dari jumlah peserta 4.902 orang, seluruhnya mengikuti ujian dan belum ada laporan peserta yang berhalangan hadir.

Mengenai target hasil UN tahun ini, Illiza berharap Banda Aceh dapat menjadi yang terbaik di Aceh yakni bisa lulus seratus persen.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Banda Aceh, Syaridin mengatakan, ada sepuluh sekolah menengah atas/sederajat yang mengikuti UN secara online.

Adapun ke 10 sekolah tersebut masing-masing terdiri dari 7 sekolah setingkat SMA, dan 3 SMK.  Ke-10 sekolah menengah keatas yang akan mengikuti ujian onlin itu yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMA 10 Fajar Harapan, SMA Fatih Putra dan SMA Fatih Putri, SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 3.

“Hanya ada sepuluh sekolah di Banda Aceh yang bisa melaksanakan ujian nasional berbasis computer, karena kesepuluh sekolah tersebut sudah mempunyai sarana dan prasarana pendukung,”ujarnya.

“Kita harapkan selama pelaksanaan ujian online ini tidak ada pemadaman listrik, sehingga siswa dapat melaksanakan ujian online dengan lancar,”jelasnya didampingi Kabag Humas Setdako Banda Aceh Wirzaini Usman.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga sudah mencari alternative lain jika tiba-tiba listrik mati saat siswa mengikuti unjian tersebut.(adi)

Komentar

Loading...