Seorang Anak di Meulaboh Meninggal Akibat DBD

ilustrasi DBD @sorotklaten

ilustrasi DBD @sorotklaten

Aceh Portal, Meulaboh - Selama 2016, jumlah penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada anak usia dini di Aceh Barat sudah mencapai lima orang. Dari kelima anak tersebut, seorang di antaranya meninggal dunia.

Data yang diperoleh dari Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien (RSU CND) Meulaboh, Aceh Barat, menyebutkan, pada tahun lalu terdapat 15 kasus DBD yang menyerang anak-anak. Sementara, selama Maret 2016 ini, sudah terdapat lima kasus DBD. Rinciannya, pada Januari terdapat 2 kasus, Februari (1) dan Maret (2).

Diperkirakan, kasus DBD yang dialami anak di Aceh Barat kemungkinan akan meningkat dibandingkan 2015. Karena, hingga Maret 2016 saja sudah terdapat lima kasus. “DBD terjadi karena perubahan cuaca sehingga nyamuk dapat mudah berkembang biak,” kata Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU CND, dr Eman, di ruang kerjanya, baru-baru ini .

Disebutkannya, anak yang meninggal akibat menderita penyakit DBD itu adalah Al Badlul Fadli (13), penduduk Gampong (desa) Ujong Tanjong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, pada Januari 2016.

Disebutkannya, penderita tersebut meninggal karena terlambat dibawa ke rumah sakit untuk mendapat tindakan medis setelah terserang DBD.

“Walaupun sudah dilakukan perawatan medis, namun karena kondisinya sudah parah akhirnya nyawa penderita DBD tersebut tidak dapat diselamatkan. Padahal, kami telah berupaya keras memberikan pertolongan kepadanya,” tuturnya.

Eman mengatakan, hampir di semua daerah kasus demam berdarah meningkat. Karena itu, masyarakat diharapkan tidak menganggap sepele penyakit ini. Dia mengingatkan tentang pentingnya mengenali gejala-gejala DBD, seperti demam disertai batuk.

“Setelah demam turun, bukan berarti penderita sembuh. Ketika terdapat hal seperti yang disebutkan, sebaiknya penderita segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa. Jangan menyepelekan penyakit,” ingatnya.

Di sisi lain, dalam melakukan antisipasi DBD, pihaknya mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam menerapkan pola hidup sehat dan bersih

Sumber: Analisa

Komentar

Loading...